Ini Penyebab Wiper Mobil Tidak Kembali ke Posisi Semula

Suara.com – Wiper merupakan salah satu komponen dalam sistem kelistrikan mobil. Letaknya sendiri ada di bagian kaca bagian depan dan kaca bagian belakang.

Memang wiper sering digunakan pada saat musim penghujan tiba. Tapi jika posisi wiper tidak tepat tentu akan mengganggu visibilitas saat berkendara.

Salah satu masalah wiper yang banyak ditemui adalah wiper tidak kembali ke posisi semula.

Mengutip Auto2000, Sabtu (7/5/2022), sebenarnya masalah wiper tidak kembali ke posisi semula memang menyebalkan. Anda tidak dapat menggunakan wiper pada saat hujan datang.

Baca Juga: Tiga Penyebab Utama Sapuan Wiper Mobil Tidak Bersih

Masalah ini sendiri mampu meningkatkan bahaya keselamatan Anda selama berkendara.

Sesuai penjelasan di atas maka sudah jelas bahwa penyebab utama dari masalah wiper tidak kembali ke posisi semula bisa jadi adalah dipicu kerusakan di bagian kelistrikan, khususnya komponen sakelar.

Kontrol operasikan wiper [Envato Elements/duallogic].
Kontrol operasikan wiper [Envato Elements/duallogic].

Jika bagian sakelar ini sudah mengalami kerusakan, dapat dipastikan bahwa wiper mobil tidak dapat berfungsi secara optimal lagi. Saat sudah digunakan pun malah tidak mau kembali ke posisi semula.

Kondisi ini dapat membuat pandangan Anda ke jalan menjadi terganggu karena wiper berada di posisi berdiri.

Selain karena masalah komponen sakelar yang rusak, wiper yang tidak mau kembali ke posisi semula setelah digunakan bisa juga diduga karena wiper link atau bagian tangkainya sudah patah.

Baca Juga: The Best 5 Oto: Hyundai Rencanakan 17 Mobil Listrik, Avtovaz Stop Produksi, GAC Lebarkan Sayap ke Pasar Rusia

Mengapa bisa patah? Indikasi utamanya karena umur bagian ini yang sudah terlalu tua dan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.