10 Fakta Seru dari Film Enola Holmes Garapan Harry Bradbeer

Enola Holmes dirilis Netflix pada September 2020 yang lalu. Sutradara Harry Bradbeer mendapuk Millie Bobby Brown sebagai bintang utamanya dan memerankan karakter Enola, adik Sherlock Holmes (Henry Cavill) dan Mycroft Holmes (Sam Claflin). Enola Holmes berkisah tentang perjalanan Enola, detektif remaja, yang memecahkan misteri hilangnya sang ibu.

Enola dibuat berpikir keras mengikuti petunjuk yang ditinggalkan sang ibu. Menghilangnya sang ibu membuat Sherlock dan Mycroft datang untuk membantu Enola.

Namun, bukannya membantu, sang kakak malah memasukan Enola ke sekolah kepribadian agar Enola dapat bersikap anggun layaknya putri bangsawan. Nah, sebelum menonton filmnya, kita simak yuk fakta-fakta filmnya berikut ini!

1. Diadaptasi dari Banyak Novel

fakta-enola-holmes-1_

Banyak yang mengira bahwa Enola Holmes merupakan film adaptasi dari novel Enola Holmes karya Nancy Spinger. Kisah dalam Enola bermula dari novel karya Spinger yang berjudul The Case of The Missing Marques yang terbit tahun 2006. Kisah dalam novel tersebut dibuat cukup panjang, yakni mencapai lima seri.

Novel tersebut mengulas rupa-rupa misteri dan kasus yang harus dihadapi oleh Enola. Dibandingkan dengan kisah Sherlock Holmes, Enola punya jalan cerita yang lebih ringan dan tidak serumit kasus yang dihadapi oleh kakaknya, Sherlock.

2. Mengandung Muatan Pesan Feminisme

fakta-enola-holmes-2_

Film garapan sutradara Harry Badbeer ini mempunyai pesan yang kuat mengenai perempuan yang direpresentasikan oleh karakter ibu Enola, Eudoria Holmes. Ibu Enola tidak mendidik putrinya selayaknya bangsawan lainnya.

Film ini menampilkan karakter perempuan yang kuat yang membuktikan bahwa perempuan punya hak untuk menentukan jalan hidupnya sendiri. Eudoria selalu menekan pada Enola untuk menjadi pribadi yang mandiri dan tidak lemah.

Berlatar Inggris abad pertengahan, cara berpikir Eudoria dianggap sebagai sesuatu yang tidak lazim. Biasanya, kaum perempuan di Inggris sangat terikat pada peraturan dan suara mereka tidak begitu terdengar gaungnya.

Selain itu, Eudoria digambarkan sebagai perempuan yang terlibat aksi gerakan bawah tanah demi perubahan zaman. Hal ini bisa terlihat dari beberapa scene yang menampilkan flyer yang mengulas tentang hak pilih yang melibatkan MacMillan dan Gwyneth Vaughan.

3. Millie Berteman dengan Louis Partridge

fakta-enola-holmes-3_

Selain beradu peran dengan Henry Cavill dan Sam Claflin, Millie Bobby Brown mendapat bocoran bahwa ia beradu peran dengan Louis Pattridge. Aktor muda ini memerankan tokoh Viscount Tewkesbury, salah satu bangsawan Inggris yang terkenal.

Dalam waktu singkat, Millie dan Louis bisa menjadi teman baik. Bahkan ketika proses penggarapan film usai, keduanya tampak tetap menjalin pertemanan di dunia nyata.

Millie sering mengunggah foto-foto bersama Louis yang menampakkan kedekatan mereka. Aktris yang memerankan karakter Eleven dalam serial Stranger Things itu sudah menduga bahwa Louis akan menjadi lawan lainnya yang baik.

4. Terdapat Kesalahan pada Poster Film 

fakta-enola-holmes-4_

Seperti yang kita ketahui bahwa Enola Holmes adalah sebuah film berlatar Inggris di abad pertengahan. Properti dan set lokasi pastinya dibuat semirip mungkin dengan situasi di Inggris di masa itu. Namun, siapa sangka mata elang netizen menangkap kesalahan kecil tapi fatal pada desain poster film ini.

Meskipun teknologi desain sudah sangat berkembang, namun tetap saja tidak mustahil seseorang akan mengalami kekeliruan. Seperti yang terjadi pada poster film ini. Poster Enola Holmes menampilkan gambar Enola dan beberapa karakter yang muncul dalam film tersebut.

Yang menarik perhatian adalah adanya bangunan Portcullis House di samping gambar menara jam Big Ben. Sontak hal itu menimbulkan kritikan sebab kemunculan gambar bangunan itu tidak sesuai dengan situasi yang digambarkan oleh film Enola Holmes. Sebab, bangunan itu baru dibangun tahun 2001.

5. Makna Dibalik Nama Enola

fakta-enola-holmes-5_

Eudoria adalah orang yang senang bermain kata. Ia selalu menulis kata ambigu sehingga membuat orang lain harus memutar otak untuk bisa memahami maksudnya. Nah, nama putri bungsunya pun dibuat seperti itu. Nama Enola, jika dibaca terbalik berarti “Alone”.

Baca juga:

Permainan kata ini memang terdengar menarik. Tapi kalau ditilik lebih dalam, pemaknaannya cukup miris. Ini mengisyaratkan bahwa Enola harus bisa bertahan hidup sendiri. Sang ibu ingin Enola menjadi perempuan yang tangguh.

Dan nyatanya memang demikian. Sepertinya Enola memang ditakdirkan untuk berjuang sendirian sebab Enola yang mempunyai bakat detektif dari sang kakak selalu dihadapkan pada keadaan di mana dia harus sendirian memecahkan kasusnya.

6. Mendapat Kritik dari Conan Doyle Estate

fakta-enola-holmes-6_

Henry Cavill mengaku senang mendapat kesempatan untuk tampil dalam film Enola Holmes sebagai Sherlock Holmes. Namun, perannya tidaklah begitu menonjol dan cenderung menampilkan sosok kakak yang perhatian dan penyayang.

Aktor tampan tersebut tampil di beberapa scene film ini sebagai seorang yang mendukung Enola untuk mengembangkan bakat detektifnya.

Namun, siapa sangka bahwa karakter lembutnya justru mendapat kritikan dari Conan Doyle Estate. Bagi sebagian penggemar cerita detektif Sherlock Holmes, sisi sentimentilnya tidak begitu mengganggu. Namun, pihak Conan Doyle tidak bisa menerima perubahan karakter Sherlock.

Sebagai pemegang hak cipta 10 kisah Sherlock Holmes, Conan Doyle Estate menuntut Netflix, Nancy Springer, dan Legendary Picture karena telah merusak citra karakter Sherlock Holmes yang sudah dibangunnya bertahun-tahun.

Penggemar novel karya Sir Arthur Conan Doyle pasti menangkap perbedaan yang sangat kentara dari karakter Sherlock yang digambarkan dalam film Enola Holmes. Sherlock adalah seorang jenius yang tidak pernah menunjukkan emosinya dan selalu dingin.

7. Sam Claflin Ternyata Lebih Muda dari Henry Cavill

fakta-enola-holmes-7_

Ada fakta menarik dari dua karakter kakak Enola Holmes yang satu ini. Sam Claflin didapuk memerankan peran sebagai Mycroft, anak tertua di keluarga Holmes. Ia adalah pegawai tinggi pemerintah dan wali Enola yang sah. Sementara itu Henry Cavill adalah adiknya, detektif paling tersohor di Inggris.

Namun, di dunia nyata posisi tersebut terbalik. Sam Claflin rupanya lebih muda dibandingkan dengan Henry Cavill. Sam Claflin lahir tahun 1986, sementara Henry Cavill lahir 3 tahun lebih awal dari Sam, yakni 1983. Meski usia mereka terbalik, tapi kedua aktor ini menunjukkan chemistry yang apik sebagai adik kakak Holmes.

8. Millie Bobby Brown Jadi Salah Satu Produser

fakta-enola-holmes-8_

Meskipun usianya masih muda, Millie Bobby Brown tidak hanya puas berada di depan kamera sebagai aktris. Ia menjajal posisi sebagai salah satu produser dalam film ini, bersama dengan Mary Parent, Alex Garcia, Ali Mendes, dan Paige Brown.

Film ini adalah proyek pertamanya menggarap sebuah film di bawah namanya saat ia berusia 16 tahun. Usianya memang masih sangat muda, namun Millie Bobby Brown figur paling muda dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di majalah Times

9. Sempat Akan Diangkat ke Layar Lebar

fakta-enola-holmes-9_

Memasang deretan nama-nama besar aktor dan aktris sebagai punggawa film ini, pihak produksi berencana akan merilis film ini di layar lebar. Namun, rupanya Netflix menjadi pemegang hak siar film ini pada April 2020 dan secara resmi Enola Holmes dirilis pada September 2021.

Pada Februari 2020, Legendary Picture sudah mengumumkan bahwa pihaknya akan merilis film di musim liburan 2020 yang lalu. Namun, rupanya rencana awal tersebut tidak bisa terwujud sebab pandemi merebak sehingga menghambat proses produksi.

10. Sam Claflin Menunjukkan Sisi Gelapnya

fakta-enola-holmes-10_

Bagi aktor Sam Claflin, mendapatkan kesempatan memerankan tokoh Mycroft adalah kesempatan untuk mengeksplorasi sisi gelap dalam dirinya. Selama tujuh tahun terakhir ini, sang aktor yang memerankan tokoh Alex Stewart dalam film Love, Rosie ini kerap mendapatkan peran baik.

Ia menuturkan bahwa ia kini bukan pria muda lagi, dan ia senang mendapat peran Mycroft. Di usianya yang menginjak 34 tahun ini, ia sudah cocok mendapatkan peran sebagai ayah yang menyebalkan dan selalu tampak lelah.

Nah, itu dia 10 fakta menarik dari film Enola Holmes. Film berdurasi 123 menit ini tidak hanya menampilkan banyak hal yang menarik, melainkan punya fakta-fakta yang seru untuk diketahui. Jika kamu penggemar kisah detektif Sherlock Holmes, agaknya kamu wajib mengikuti kisah Millie Bobby Brown dalam film ini.

Meskipun kisahnya tidak serumit Sherlock Holmes yang lain, tapi film ini menampilkan keseruan petualangan Enola yang harus menghadapi berbagai hal tidak terduga. Langsung saja akses akun Netflix-mu dan tonton keseruan kisah lengkapnya.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.