Kapolri Pastikan Anggotanya Maksimal Kawal Arus Balik

Jakarta: Peningkatan volume kendaraan arus balik sudah mulai terjadi di sejumlah daerah dan diprediksi terus meningkat hingga akhir pekan. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan anggota yang bertugas akan memberikan pengamanan dan pelayanan optimal kepada masyarakat.
 
“Sehingga proses arus balik yang saat ini sudah mulai berjalan dan bahkan mulai tadi malam semuanya bisa berjalan dengan aman dan lancar. Kami telah instruksikan kepada seluruh anggota untuk memberikan pelayanan yang maksimal untuk pengamanan dan pelayanan arus balik,” kata Sigit dalam keterangan pers, Jumat, 6 Mei 2022.
 
Baca: Menhub Harap One Way Berjalan Mulus Memecah Kepadatan Arus Balik

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sigit menjelaskan pihaknya akan terus mengikuti perkembangan arus balik Lebaran 2022 yang mana prediksi puncak arus balik akan terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022. Menurut Sigit beberapa kesiapan dan antisipasi lainnya pun telah dipersiapkan secara matang dan penuh perhitungan apabila terjadi kepadatan volume kendaraan.
 
“Perkembangan untuk penarikan kepala one way dari Kalikangkung dan ekornya nanti apabila memang arus baliknya padat akan ditarik sampai ke KM 3+500 atau di Gerbang Tol Halim. Bila dalam perkembangannya kemudian kepadatan terus meningkat, mau tidak mau harus kita urai, maka akan kita tarik ekor One Way ini sampai di Gerbang Tol Semanggi,” jelas Sigit.
 
Sigit juga mengimbau kepada masyarakat yang akan menuju Bandung maupun wilayah Jawa Tengah untuk menggunakan jalur-jalur alternatif yang telah disediakan.
 
Adapun jalur alternatif yang bisa dilalui masyarakat di antaranya adalah Tol Jagorawi melalui Ciawi-jalur Pantai Selatan. Lalu Tol Jagorawi melalui Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Bandung dan Jalan Arteri Kalimalang-Kedung Waringin-Karawang.
 
“Tentunya akan kita ikuti, dalam beberapa hari terakhir ini. Dari data yang ada, sampai saat ini, kurang lebih ada 549.000 kendaraan yang melintas masuk ke arah Jakarta. Artinya masih kurang lebih ada 1,7 juta yang lalui tol. Dan kurang lebih 480.833 yang akan melalui arteri. Jadi tentunya peningkatan arus akan terus terjadi,” ungkap Sigit.
 

(DEN)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.