Jenis-Jenis Apar: Marak Ditemui di Kendaraan Umum, Pahami Tipe-Tipenya

Suara.com – Apar adalah singkatan dari alat pemadam api ringan yang lazim dijumpai di alat transportasi atau kendaraan umum lainnya. Cara kerja apar untuk mengatasi kebakaran ringan pun terbilang sangat mudah. Untuk berjaga-jaga sebaiknya Anda pun harus mempertimbangkan membeli apar untuk ditempatkan di rumah Anda. Adapun jenis-jenis apar yakni sebagai berikut.

Diketahui, sebelum membeli apar sebaiknya berkenalan terlebih dahulu dengan beberapa jenis apar yang Anda perlukan. Nah, berikut ini adalah ulasan perihal jenis-jenis apar yang dikutip dari sejumlah sumber.

1. Apar Air

Apar air adalah apar yang mengandung air dengan tekanan tinggi. Apar jenis ini adalah jenis apar yang paling ekonomis dan terjangkau. Apar air cocok digunakan untuk memadamkan kebakaran kelas A. Kebakaran kelas A adalah kebakaran yang disebabkan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti kertas, kain, karet, dan plastik.

Baca Juga: Nissan Akan Hidupkan Kembali Datsun Sebagai Merek Kendaraan Listrik

Apar air sangat tidak direkomendasikan untuk mengatasi kebakaran kelas C yang dipicu gangguan pada instalasi listrik yang bertegangan tinggi.

2. Apar Busa

Apar jenis ini mengandung bahan kimia busa AFFF atau aqueous film forming foam. Saat apar ini disembur keluar maka busa akan keluar dan menutupi bahan yang terbakar. Busa tersebut berguna menghalangi oksigen masuk dan menghentikan kebakaran yang terjadi.

Apa busa cocok untuk memadamkan kebakaran kelas a yang umumnya dipicu oleh bahan-bahan padat non-logam seperti kertas, kain, dan karet.

Tak hanya itu, apar busa.juga cocok digunakan untuk meredam kebakaran kelas B yang dipicu oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti minyak, alkohol, solvent dan lain sebagainya.

Baca Juga: Hari Pertama Puncak Arus Balik Lebaran 2022, di GT Halim Kecepatan Kendaraan Masih Tinggi

3. Apar Serbuk Kimia atau Dry Chemical Powder

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.