Ganti Oli Motor Berapa Bulan Sekali? Ini Penjelasannya

Suara.com – Ganti oli motor adalah hal yang penting yang harus rutin dilakukan, terlebih lagi jika Anda menggunakan motor matic. Ganti oli harus dilakukan secara berkala. Lantas, seharusnya ganti oli motor berapa bulan sekali? Mari simak pembahasannya di bawah ini yang perlu disimak oleh para pemilik kendaraan motor.

Diketahui, oli harus diganti setiap pada jarak tempuh tertentu. Jika tak diganti, maka performa motor Anda bisa turun performa. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa kadang masih ada yang masih kebingungan seharusnya ganti motor berapa bulan sekali. 

Untuk selengkapnya, mari simak ulasan di bawah ini kapan harus ganti oli motor yang dilansir dari situs Suzuki yang perlu diketahui para pemiliki kendaraan motor. Simak baik-baik!

1. Dua Bulan Sekali

Baca Juga: The Best 5 Oto: Nismo Produksi Mobil Listrik Nissan, Britania Raya Jaring Knalpot Berisik, Persiapan Arus Balik Lebaran

Jika Anda merupakan tipe orang yang tidak terlalu sering keluar rumah atau jarang menggunakan motor, bukan berarti Anda malas untuk ganti oli.  Setidaknya Anda harus ganti oli 2 bulan sekali. Meskipun motor Anda  jarang digunakan, tapi jika tidak lekas ganti maka oli di dalam motor dapat merusak komponen kendaraan. 

Oleh karena itu, agar komponen motor tetap dalam kondisi baik dan kondisinya tetap pirma, pastikan untuk selalu mengganti oli setidaknya 2 bulan sekali. 

2. Dua Minggu Sekali

Selain itu, jika Anda tipe orang yang sering keluar rumah menggunakan motor sehari-hari dengan jarak tempuh hingga 200 KM, Anda perlu mengganti oli 2 minggu sekali. Jadi, jika Anda sudah menempuh jarak hingga 200 KM, maka oli motor Anda harus lekas diganti agat performa motor tetap terjaga dengan baik. 

3. Jarak 2000 KM

Baca Juga: Harga Motor Beat 2016: Motor Sejuta Umat, Segini Banderol Sekennya

Jika kendaraan motor Anda sudah menempuh jarak hingga 2000 KM, maka Anda harus langsung ganti oli motor tersebut. Pasalnya oli yang Anda dalam motor Anda usai menempuh jarak 2000 KM tersebut sudah tak layak lagi untuk digunakan. Hal tersebut sangat mempengaruhi kondisi dan performa. motor Anda

Demikian ulasan mengenai ganti oli berapa bulan sekali agar kondisi dan performa motor tetap terjaga dengan baik. Selain itu pastikan menggunakan jenis oli berkualitas. Pasalnya,  jika memilih oli motor asal-asalan, bisa saja motoe Anda malah tidak bisa lagi berfungsi dengan maksimal. 

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.