Toyota Manfaatkan Teknologi AI untuk Tingkatkan Proses Produksi

Suara.com – Toyota Motor Corporation (TMC) dikabarkan tengah mengembangkan teknologi artificial intelligence (AI) untuk meningkatkan efisiensi dalam proses produksi kendaraan.

Wakil Presiden Grup Toyota untuk Teknik Produksi Kendaraan dan Pusat Inovasi Proyek Manufaktur, Stephen Brennan mengatakan bahwa perangkat AI membantu perusahaan meningkatkan frekuensi dan akurasi tinjauan proses. Sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menemukan nilai kurang efisien dari seluruh proses produksi.

“Teknologi ini memberi kami lebih banyak waktu untuk fokus pada peningkatan produksi,” ujar Stephen Brennan, dikutip dari Automotive News.

Ilustrasi Artificial Intelligence
Ilustrasi Artificial Intelligence

Sebagai percontohan, pabrik Toyota di Princeton yang memproduksi model Toyota Highlander dan Toyota Sienna sedang menjalani renovasi untuk memungkinkan produksi Toyota Highlander dan Lexus TX baru dengan jumlah produksi yang lebih besar mulai tahun depan.

Baca Juga: Toyota Melaporkan Peningkatan Produksi Global di Tengah Pandemi

Sebagai tahap awal, sekitar 500 kotak invisible AI akan terpasang di hampir setengah bagian pabrik. Selanjutnya akan diperluas secara bertahap.

CEO Invisible AI, Eric Danziger menambahkan, semua metode yang digunakan perusahaan saat ini untuk mengukur produktivitas. Dimana hal seperti ini tidak dapat dilakukan oleh manusia.

“Mereka tidak memiliki kemampuan untuk melihat lintas shift, lintas operator, di semua dimensi yang berbeda ini,” jelas Danziger.

Terakhir, ia menyatakan, dengan perangkat AI yang tidak terlihat ini dapat memberi mereka data yang dapat dianalisis untuk menemukan hambatan dalam proses produksi.

“Hal ini dapat memastikan bahwa mereka membuat peningkatan produktivitas dalam setiap produksi,” tutup Danziger.

Baca Juga: All-New Lexus RZ 450e BEV Siap Bertarung di Pasar Global

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.