Review OPPO Watch Free: Meningkatkan Kebugaran Hingga Kualitas Tidur

Momen lebaran biasanya diiringi dengan berbagai makanan berkalori tinggi seperti opor dan rendang. Jangan sampai keterusan, tapi harus segera diimbangi dengan olahraga. Nah, salah satu perangkat yang bisa dipakai untuk memantau kebugaran adalah jam pintar seperti OPPO Watch Free.

Kehadiran OPPO Watch Free semakin menambah daftar produk wearable dari pabrikan asal Tiongkok ini. Setelah sebelumnya ada dua model smartwatch lain pada Oppo Watch dan Oppo Band. Yang artinya memberi keleluasaan kepada penggemar untuk memilih produk mana yang paling cocok digunakan sesuai dengan karakteristik tiap orang.

Smartwatch memang sudah menjadi gaya hidup sebagian orang, terutama di kota besar. Keberadaan fitur di dalam smartwatch dianggap banyak membantu beragam aktivitas agar lebih terkontrol, terutama dalam usaha menjaga kesehatan diri. Sebut saja fitur ‘detak jantung’ untuk memastikan bahwa pengguna tidak berlebihan olahraga atau aktivitas berat lainnya. Atau fitur untuk mengukur kandungan oksigen dalam darah, yang sekarang kian diperhatikan sejak pandemi Covid-19.

Baca juga: Review OPPO Reno7: Bawa Ciri Khas Tersendiri

Penggunaan smartwatch akhirnya menjadi semacam keharusan bagi pengguna yang ingin aktivitasnya lebih terkontrol. Kebutuhan itu tentu saja dipahami oleh para produsen, termasuk Oppo yang terus membenahi kualitas produk mereka sehingga dapat diterima segmentasi pasar yang sesuai. Salah satunya dengan menjejalkan fitur baru ‘Sleep’ untuk membantu menganalisis kualitas tidur pengguna.

Tim Gizmologi sendiri berkesempatan untuk menjajal Oppo Watch Free selama beberapa hari. Dengan beragam aktivitas yang dijalani, untuk sekadar mengetahui seberapa efektif pengguna produk Internet of Things semacam ini. Ada campuran rasa yang didapat setelah menggunakan Watch Free, berpadu dengan optimisme agar hidup jadi lebih baik sebab dari asistensi pintar yang diberikan smarwatch ini. Namun tentu saja ada subjektivitas di dalam setiap pengalaman. Dan begitu pula yang kami rasakan. Maka inilah review tentang Oppo Watch Free ala Gizmologi.

Desain

OPPO Watch Free

Oppo boleh dibilang memiliki deretan smartwach dengan desain ‘aman’. Tidak neko-neko, cenderung minimalis. Dan memang itulah yang banyak disukai pengguna smartwatch. Diferensiasi semacam ini juga lebih mudah dipasarkan untuk memberi kesan berbeda pada model jam analog atau digital biasa. Selain itu, imej dari penerapan teknologi modern memang lebih condong desain minimalis, ya.

Desain Oppo Watch Free hanya terlihat berbeda dalam perkara dimensi layar dengan dua produk smartwatch Oppo lainnya. Meski paling mirip dengan Oppo Watch. Memiliki layar berukuran 1,64 inci dilapisi warna frame doff, lumayan membuat tampilan smartwatch ini jadi lebih mewah, terutama untuk pilihan warna quicksand gold. Sedangkan pada warna silent night justru membuat tampilan makin elegan. oh ya, kami sendiri berksempatan memakai warna pertama, yang lebih cocok digunakan kaum hawa.

Model strap silikon berukuran 19 milimeter milik Watch Free tidak disertai tali pengikat tambahan. Sehingga aplikasi penggunaannya dengan memasukkan tali berlubang ke bagian dalam tali lainnya. Desain sistem strap tersebut membuat tali lebih aman dari kemungkinan tersangkut benda lain. Selain itu, desain interchangeable strap memungkinkan pengguna untuk mengganti tali dengan mudah tanpa bantuan ahli. Dan sepertinya menarik juga untuk mengombinasikan warna frame gold dengan tali hitam.

Keseluruhan desain Oppo Watch Free cocok digunakan oleh pria maupun wanita. Ukurannya layar maupun strap-nya terasa pas ditempatkan pada beragam ukuran pergelangan tangan. Tidak terlalu besar ataupun kecil.

OPPO Watch Free desain

Layar

Layar milik Oppo Watch Free memiliki kualitas mumpuni. Dengan ukuran 1,64 inci, layar ini sudah dibekali teknologi AMOLED, desain melengkung 2.5 dimensi, dan sudah memiliki ketahanan anti gores. Sehingga pengguna dapat lebih tenang menggunakan smartwatch ini dalam beragam kesempatan tanpa perlu khawatir layar akan lecet atau buram karena gesekan.

Teknologi layar AMOLED pada smartwatch ini jelas memberikan kenyamanan saat pengguna melihat tampilan waktu dan menu. Apalagi ketika sedang digunakan untuk beraktivitas luar ruang. Pancaran lampu dan redaman pantulan dari cahaya matahari milik layar AMOLED, tetap mampu memberi sajian display nyaman di mata. Layar Oppo Watch Free memiliki tingkat resolusi 280 x 456 piksel, dengan kedalaman hingga 16,7 juta warna.OPPO Watch Free Harga

Pengguna dapat mengganti tampilan display jam sesuai karakteristik yang dikehendaki. Oppo menyediakan lebih dari 40 tampilan jam yang dapat diakses menggunakan aplikasi tambahan di dalam smartphone. Dan untuk mengakses menu dalam smartwatch, pengguna cukup mengetuk layar secara ringan, maka otomatis tampilan akan terlihat dan pengguna dapat mengakses beragam menu dan fitur dengan swipe ke kanan dan kiri.

Fitur dalam Oppo Watch Free

Kekuatan dalam sebuah smartwatch seperti Oppo Watch Free terletak pada kedalaman menu dan fitur penyertanya. Semakin banyak varian menu serta fitur di dalamnya, maka semakin besar perangkat tersebut menjadi favorit pengguna. Tentu saja berbanding lurus dengan bertambah pula banderol yang dipasangkan. Namun dengan mengesampingkan harga, kami beranggapan bahwa smartwatch Oppo ini sudah dibekali dengan fitur memadai.

Pertama, tentu saja keberadaan sensor di dalam smartwatch. Watch Free memiliki beragam sensor keperluan basis untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Seperti six-axis acceleration & gyroscope sensor, optical heart rate sensor, optical blood oxygen sensor, dan ambient light sensor. Sensor detak jantung dan oksigen memegang peranan penting untuk sebuah smartwatch masa kini. Kebutuhan pengguna untuk tahu batas maksimal detak jatungnya kala berolahraga, atau batas minimal kandungan oksigen dalam darah menjadi hal utama saat ini. Dan itu didapatkan dalam smartwatch ini. 

watch free

Sensor tersebut bekerja dengan fitur aplikasi di dalam smartwatch yang mampu mendeteksi detak jantung dan kandungan oksigen secara real time. Atau jika memang tidak terlalu dibutuhkan, pengguna dapat mengatur pengecekan dua hal tersebut secara berkala dalam hitungan jam yang lebih lama. Untuk kemudian laporan disajikan lewat tampilan di layar smartwatch.

Sementara itu menu dan fitur lain berbasis olahraga juga dapat ditemukan. Dan ini memang jadi fitur wajib. Oppo memberikan sekitar 100 pilihan menu latihan yang dapat diakses dalam smartwatch. Mulai dari lari, bersepeda, berenang, bermain tenis, maupun beragam aktivitas olahraga lainnya. Pemantauan pun tidak sekadar berkutat pada kondisi jantung saja, tapi juga jarak dan pembakaran kalori.

Fitur kesehatan dalam Watch Free paling menonjol untuk membantu pengguna dengan target latihan tertentu. Pengguna dapat mengatur jumlah kalori yang hendak dibakar dalam durasi tertentu. Nantinya sistem smartwatch akan memberi reminder yang dibutuhkan. Meski eksekusinya tetap bergantung pada si pengguna itu sendiri.

Pengingat Waktu Tidur

watch free

Bagian paling menarik dari Oppo Watch Free ialah keberadaan fitur aplikasi ‘tidur’ di dalamnya. Seperti namanya, fitur ini memang diperuntukkan untuk aktivitas tidur. Untuk itu pengguna perlu tetap menggunakan smartwatch ketika tidur, bersanding dengan smartphone yang sudah tersinkronisasi secara real time.

Dalam posisi tidur, minimal 20 menit, smartwatch akan memantau tingkat oksigen dalam darah, detak jantung, serta dengkuran. Yap, dengkuran pengguna akan direkam dalam sistem untuk kemudian diterima laporannya ketika sudah bangun. Analisis dengkuran agaknya dilihat dari detak jantung dan kandungan oksigen dalam darah pengguna. Untuk kemudian diolah menjadi laporan.

Sinkronisasi antara smartwatch dan smartphone juga membuat pengaturan waktu bangun lewat alarm jadi lebih konkrit. Sebab jam akan bergertar seiring alarm yang berbunyi dari smartphone. Dan itu cukup efektif menghasilkan jam tidur yang terkontrol. Syukurnya, kualitas tidur kami cukup baik, sehingga tidak ada lanjutan saran aktivitas untuk dilakukan lewat aplikasi di smartphone. Sementara bagi yang tidurnya bermasalah, sistem akan menganalisis aktivitas yang diperlukan untuk dilakukan agar kondisi tubuh kembali normal. Dan kualitas tidur pengguna kembali meningkat!

HeyTap Health

Screenshot 2022 03 19 08 15 32 92 16275cce99ee92ebf8927a77befbfa79 e1647793048245

Oppo Watch Free tidak dapat berjalan sendiri tanpa disertai aplikasi tambahan di smartphone bernama HeyTap Health. Aplikasi yang juga dikembangkan oleh Oppo ini menjadi pusat kontrol dari kebanyakan menu dan fitur dalam smartwatch. Serta untuk membantu pengguna dalam melihat laporan dan analisis kegiatan yang telah dilakukan.

HeyTap Health bertugas untuk mengoptimalkan fungsi di dalam smartwatch. Mengganti tampilan jam, menghidupkan fitur Sleep, memantau detak jantung, melihat kadar oksigen dalam darah, serta melihat perkembangan kondisi tubuh dari beragam sensor di jam dalam hitungan hari hingga bulan. Jika pengguna memiliki program diet atau olahraga tertentu, maka penggunaan HeyTap Health menjadi wajib.

Namun dalam beberapa kesempatan, sifat wajib yang menyertai penggunaan HeyTap Health (sekaligus smartphone) untuk dapat melihat progres di smartwatch lumayan merepotkan. Seperti ketika tidur, maka smartphone dianjurkan berada dekat dengan kita untuk memaksimalkan peran smartwatch. Atau ketika merekam perjalanan bersepeda, aplikasi tetap harus dinyalakan untuk tetap terhubung ke Watch Free.

Meski begitu, tampilan antarmuka dalam HeyTap Health yang mudah dipahami, membuat proses membaca data begitu mudah dilakukan. Rasanya pengguna awam akan dengan mudah memahami setiap bagian dalam aplikasi yang melampirkan mode laporan berbeda. Mulai dari olahraga, tidur, detak jantung, kadar oksigen, maupun personalisasi perangkat smartwatch.

Kesimpulan

Oppo Watch Free dibanderol dengan harga resmi Rp1.399.000,- di pasaran. Harga yang terlihat mahal apabila hanya melihat smartwatch ini dari tampilan desainnya saja. Sebab banyak produk serupa di luar sana memiliki model yang kurang lebih serupa. Agak sulit menerima bahwa harganya di atas Rp1 jutaan.

Kesan berbeda bisa didapat setelah melihat, atau bahkan menggunakan langsung Oppo Watch Free. Build quality jam pintar ini terasa solid, dipadukan material strap silikon yang nyaman di kulit meski digunakan lama. Pada beberapa kesempatan penggunaan, smartwatch ini berbenturan dengan benda lain namun tanpa menyisakan noda berarti, bahkan tidak ada goresan di layarnya.

Deretan menu, fitur, dan aplikasi penyerta untuk smartwatch ini pun boleh dikatakan sepadan dengan harga yang ditawarkan. Kualitas sensornya terhitung bagus ketika digunakan real time. Begitu juga dengan visualisasi laporan dalam tampilannya. Semua hal tersebut membuat kami yakin untuk merekomendasikan Oppo Watch Free masuk dalam daftar beli smartwatch di harga Rp1 jutaan.

Spesifikasi Oppo Watch Free

Model: Oppo Watch Free

Dimensi: 46.0 mm x 29.7 mm x 10.6 mm

Bobot: 20.9 gram (tanpa strap), 32.6 gram

Strap: Silikon (19mm)

Layar: AMOLED 1,64 inci, resolusi 280×456 piksel

Baterai: 230 mAh

Pengisian Daya: 5V dan 500mA

Daya Tahan: 14 Hari (fungsi jam)

Bluetooth: BLE 5.0

Sensor: Six-axis acceleration & gyroscope sensor, optical heart rate sensor, optical blood oxygen sensor, ambient light sensor

Fitur Latihan: Over 100 exercise modes; Running courses including jogging, fat-burning running, endurance running and interval running; Smart exercise recognition; Indoor/outdoor running, indoor/outdoor walking, elliptical machine exercise, and rowing machine exercise; Five-minute stand-up relaxation exercise

Harga Resmi: Rp1.399.000,-

80% Awesome

Review OPPO Watch Free

Deretan menu, fitur, dan aplikasi penyerta sepadan dengan harga yang ditawarkan. Kualitas sensornya bagus, begitu juga dengan visualisasi laporan. Membuat kami merekomendasikan Oppo Watch Free masuk dalam daftar beli smartwatch di harga Rp1 jutaan.

  • Design

  • Display

  • Features

  • Battery

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.