Isu Skandal Dieselgate Membayangi Suzuki & Stellantis

Berlin: Skandal diesel beberapa tahun lalu menghinggapi Volkswagen dan membuat kerugian yang sangat besar. Kini skandal dieselgate jilid ke-2 bisa saja terjadi lagi apabila Suzuki dan Stellantis terbukti melakukan kecurangan untuk laporan emisi gas buang mesin dieselnya.
 
Pemerintah di Jerman, Italia, dan Hungaria mengendus adanya kecurangan Suzuki menggunakan perangkat ilegal untuk mengakali standar emisi gas buang di Eropa. Jaksa di Jerman bahkan melihat skandal ini juga terkait dengan Stellantis yang memasok mesin diesel ke Suzuki, dan produsen komponen, Marelli, yang memasok komponen mesin.
 
Penyelidik di Jerman, Italia, dan Hungaria kemudian bersatu dan membuat Eurojust sebagai badan kerja sama peradilan pidana Eropa. Mereka bersepakat untuk melawan penggunaan komponen ilegal di mesin yang digunakan di mobil hasil produksi merek Jepang.
 
“Perangkat itu diduga dipasang di mesin diesel buatan Italia pada sejumlah besar mobil, memberi kesan bahwa emisi nitrogen oksida kendaraan itu sejalan dengan peraturan UE,” kata Eurojust seperti diberitakan Reuters. Kemudian mesin itu juga dipasang pada mobil yang diproduksi di pabrik Hungaria.
 
Juru bicara Suzuki di Jerman mengatakan perusahaan dan manajemen lokal akan kooperatif dengan otoritas investigasi. Sayangnya, dia tidak mau memberikan komentar lebih lanjut karena penyelidikan masih berlangsung.

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.