The Best 5 Oto: Ridwan Kamil Sekeluarga Mudik Naik Motor, Pantauan Lalu Lintas Lebaran, Jalur Alternatif Arus Balik

Suara.com – Arus balik, one way tol, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, Royal Enfield Classic 500, tim Suzuki Ecstar MotoGP, mudik Lebaran 2022kecelakaan lalu lintas, korban jiwa, tips kendaraan, dan bawaan balik mudik menjadi highlights dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com hari ini.

Mudik Lebaran adalah sebuah kekhasan masyarakat Indonesia yang masuk dalam kalender libur Nasional. Kemacetan di sepanjang jalan tol mewarnai perjalanan para pemudik, dan sederet kebijakan dari Kepolisian, Departemen Perhubungan, pengelola jalan tol, sampai berbagai pihak terkait diterapkan agar situasi stuck di lintasan pulang kampung bisa diatasi.

Tahun ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaksanakan mudik ke kediaman mertua dengan mengajak seluruh anggota keluarga inti momotoran, bahasa Sunda yang berarti berperjalanan naik sepeda motor.

Sebagai andalan wajib bila bepergian naik kuda besi, pilihannya jatuh kepada si kesayangan, Royal Enfield Classic 500.

Baca Juga: Antisipasi Arus Balik Lebaran 2022, Presiden Joko Widodo Akan Berlakukan Tiga Kebijakan

Masih menyoal sepeda motor, bagi para pemudik yang mengandalkan transportasi roda dua diharapkan untuk selalu waspada dan mempersiapkan perjalanan sebaik mungkin. Termasuk mengatur dan mengukur barang bawaan dari tempat mudik. Jangan sampai unsur kenyamanan serta keamanan berkurang karena begitu bernafsu membawa banyak buah tangan.

Berlanjut ke gelaran MotoGP, berita mengejutkan datang dari tim Suzuki Ecstar yang menaungi duet rider Alex Rins dan Joan Mir. Disebutkan bahwa tim The Boys in The Blue ini bakal say goodbye di pemungkas musim 2022.

Sementara itu di sektor roda empat, saat mudik Lebaran 2022 telah terjadi sekitar 279 kecelakaan. Terasa angkanya terlalu kecil? Jangan salah, ini hanya catatan di mana peristiwa tabrakan meminta korban jiwa.

Sedangkan yang menyebabkan cedera atau luka namun tidak meminta nyawa angkanya tembus 2.900 kasus. Besar bukan?

Dan sebagi pemungkas adalah empat alternatif ruas tol tujuan Jakarta – Bandung untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan saat terjadi arus balik dan diterapkan kebijakan one way tol.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2022, Terjadi Peningkatan Volume Lalu Lintas di Seluruh Tol Luar Jawa

Selamat membaca lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, selamat bersantai bersama keluarga di saat libur Nasional dan libur religi, jangan kendor soal mengenakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan.

1. Gaya Asyik Ridwan Kamil Mudik, Andalkan Sepeda Motor Klasik

Ridwan Kamil bersama istri tercinta, Atalia Praratya Kamil [Instagram: ridwankamil].
Ridwan Kamil bersama istri tercinta, Atalia Praratya Kamil [Instagram: ridwankamil].

Sebagaimana tradisi masyarakat Indonesia saat Lebaran, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga melakukan kegiatan mudik ke kampung halaman.

Dan sebagai seorang petrolhead, perjalanan mudik Kang Emil–sapaan akrabnya–kali ini unik. Bersama sang istri, Atalia Praratya Kamil, keduanya mengajak dua anak yang sudah remaja naik sepeda motor. Yaitu Emmiril Khan Mumtadz, anak pertama, dan Camillia Laetitia Azzahra, anak kedua. Sementara si bungsu Arkana Aidan Misbach yang masih balita tidak ikut serta.

Baca selengkapnya

2. Kebijakan One Way Tol untuk Arus Balik Lebaran 2022, Polda Metro Jaya Siapkan 4 Alternatif Rute Jakarta-Bandung

Rute alternatif Jakarta menuju Bandung saat oe way arus balik Lebaran 2022 Semarang - Jakarta (6-8 Mei) [Dok Polda Metro Jaya].
Rute alternatif Jakarta menuju Bandung saat oe way arus balik Lebaran 2022 Semarang – Jakarta (6-8 Mei) [Dok Polda Metro Jaya].

Korps Lalu Lintas Polri akan menerapkan kebijakan one way atau satu arah di jalan tol dari Semarang menuju Jakarta untuk arus balik Lebaran 2022, 6-8 Mei. Alternatif rute disiapkan bagi masyarakat dari Jakarta yang mengarah ke Bandung, Jawa Barat.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut total ada empat alternatif rute yang bisa dilalui.

Baca selengkapnya

3. Terjadi 2.945 Kecelakaan Selama Arus Mudik Lebaran 2022, Polri Menyatakan Angka Ini Menurun Jika Dibandingkan 2021

Arus mudik di Jalan Ahmad Yani, Bekasi, terpantau lancar pada H-2 Lebaran, atau Sabtu (30/4/2022) malam. Sebagai ilustrasi arus mudik Lebaran 2022 [Suara.com/Ummi Hadyah Saleh]
Arus mudik di Jalan Ahmad Yani, Bekasi, terpantau lancar pada H-2 Lebaran, atau Sabtu (30/4/2022) malam. Sebagai ilustrasi arus mudik Lebaran 2022 [Suara.com/Ummi Hadyah Saleh]

Sebanyak 2.945 kecelakaan terjadi sepanjang masa arus mudik Lebaran 2022. Angka ini diklaim menurun jika dibandingkan kondisi tahun sebelumnya.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebut penurunan terjadi sebesar satu persen.

Baca selengkapnya

4. Akhir Musim MotoGP 2022, Suzuki Dikabarkan Bakal Mundur dari Lintasan

Rider Alex Rins (kanan) dan Joan Mir, serta Manajer Tim Davide Brivio (tengah) dalam peluncuran Tim Suzuki Ecstar untuk MotoGP 2020. Sebagai ilustrasi tim Suzuki Ecstar dari tahun ke tahun [Suzuki MotoGP].
Rider Alex Rins (kanan) dan Joan Mir, serta Manajer Tim Davide Brivio (tengah) dalam peluncuran Tim Suzuki Ecstar untuk MotoGP 2020. Sebagai ilustrasi tim Suzuki Ecstar dari tahun ke tahun [Suzuki MotoGP].

Suzuki disebut-sebut akan menarik diri dari ajang balap dunia MotoGP pada akhir musim 2022. Jika kabar ini benar, maka bukan pertama kalinya Suzuki melakukan keputusan menyedihkan ini.

Sebelumnya pada 2011, pabrikan sepeda motor asal Jepang ini pernah melakukan hal serupa. Alasannya karena terdampak resesi.

Baca selengkapnya

5. Perhatikan Muatan di Sepeda Motor Saat Perjalanan Arus Balik Lebaran 2022, Ini Tips dari Suzuki

Lakukan perawatan sepeda motor di bengkel resmi. Sebagai ilustrasi [PT Suzuki Indomobil Sales].
Lakukan perawatan sepeda motor di bengkel resmi. Sebagai ilustrasi [PT Suzuki Indomobil Sales].

Mudik dan balik Lebaran 2022 menggunakan sepeda motor harus ekstra hati-hati terutama menyangkut faktor keamanan.

Saat kembali dari kampung halaman, seringkali pemudik yang menggunakan sepeda motor membawa muatan berlebih. Biasanya membawa buah tangan atau oleh-oleh, baik untuk dibagi dengan teman dan sahabat, sampai untuk kebutuhan stok pribadi.

Baca selengkapnya

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.