4 Sebab Motor Tidak Bisa Distater, Periksa Bagian Ini

Suara.com – Motor tidak bisa distater itu tentunya menyebalkan, apalagi jika Anda sedang terburu-buru dan butuh kendaraan. Sebenarnya, apa yang menyebabkan motor sulit untuk distater? Lantas, bagaimana cara agar motor bisa kembali menyala? Untuk selengkapnya, mari simak ulasannya berikut ini.

Kesulitan menyalakan motor memang paling sering terjadi, terutama saat pagi hari saat sedang terburu-buru untuk pergi bekerja atau sekolah. Karena kendaraan susah dinyalakan, akhirnya  telat untuk berangkat kerja.

Sebagai pemilik kendaraan, Anda harus tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara memperbaikinya agar tak perlu dibawa ke bengkel. Melansir dari situs resmi Suzuki, simak berikut ini penyebab dan cara mengatasi motor tidak bisa distater.

Ilustrasi motor. (Unsplash/Daniele Fantin)
Ilustrasi motor. (Unsplash/Daniele Fantin)

1. Aki bermasalah

Baca Juga: Gaya Asyik Ridwan Kamil Mudik, Andalkan Sepeda Motor Klasik

Masalah motor paling umum terjadi yaitu terletak pada bagian aki. Aki merupakan komponen yang fungsinya untuk menyimpan dan menyuplai listrik agar mesin motor tetap bisa menyala. Jika tegangan pada aki kurang, kinerja komponen elektronik mengalami penurunan, termasuk starter mesin. 

Adapun cara mengatasinya yaitu menggunakan kick starter hingga 450 RPM. Apabila kurang, maka motor tidak akan dapat menyala. Solusi lainnya yakni mengecek mengenai pengisian listrik ke bagian aki apakah sistemnya berjalan lancar atau tidak.

2. Terjadi korsleting

Penyebab lainnya yaitu adany korslet di sistem starter. Umumnya, korsleting ini disebabkan letak logam mesin dengan terminal starter  berdekatan. Solusi untuk mengatasinya yaitu dengan membuka sistem starter, lalu membersihkan kerak yang membuat sistem menjadi korslet. Biasanya kerak ini berwarna hitam yang mirip seperti terbakar.

3. Kerusakan pada busi

Baca Juga: Derita Punya Tetangga yang Arogan, Pintu Masuk Perumahan Ditutup Total dan Malah Dipakai Buat Garasi Kendaraannya

Busi merupakan komponen sangat penting yang ada dalam motor, terutama dalam sistem pengapian. Kerusakan pada busi ini biasanya karena usia, yang membuat pembakaran tidak berjalan optimal.  Adapun cara mengatasinya yaitu dengan melepaskan busi dari motor, lalu amati permukaannya. Jika warnanya hitam pekat dan celahnya longgar, itu artinya busi harus segera diganti. Jika tidak, ini akan membuat motor susah distater.

4. Kerusakan relay starter

Kerusakan pada bagian relay starter juga bisa jadi penyebab motor sulit distater. Relay stater ini berfungsi mengalirkan arus utama pada aki ke bagian starter. Cara mengatasi relay stater yang rusak yaitu mengganti dengan yang baru. Sebelum menggantinya, Anda bisa tes lebih dulu kemampuan fungsinya dengan cara menekan relay, lalu coba starter secara bersamaan. Jika muncul ketukan, itu artinya relay masih normal. Jika tidak ada ketukan, maka relay bermasalah.

Demikian informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi motor tidak bisa distater. Selain penybab yang sudah disebutkan di atas, biasanya masalah pada karburator dan bahan bakar yang tak turun juga jadi penyebab motor sulit distater. 

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.