Serba-serbi Met Gala 2022, presenter hingga tema acara

Jakarta (ANTARA) – Acara amal tahunan Met Gala akhirnya kembali digelar setelah sempat tertunda akibat pandemi COVID-19. Pihak penyelenggara yakni Metropolitan Museum of Art Costume Institute resmi menggelar acara ini pada Senin (2/5) atau 3 Mei 2022 waktu Indonesia.

Baca juga: Met Gala 2022 akan libatkan delapan sutradara film ternama

Berikut serba-serbi Met Gala 2022 seperti dikutip dari The New York Times, Selasa:

Kapan acara dimulai?
Para tamu akan diberikan petunjuk terkait waktu kedatangan untuk menghindari kerumunan di karpet merah. Waktu kedatangan dimulai pada pukul 17:30 dan berakhir pada pukul 20.00. Sosok-sosok terkenal biasanya datang kapan pun mereka mau, bahkan kadang sampai pukul 21:30.

Siapa saja para host-nya?
Regina King, Lin-Manuel Miranda dan pasangan Blake Lively dan Ryan Reynolds. Pihak yang mendapatkan kehormatan dalam acara ini termasuk Anna Wintour dari Vogue, Adam Mosseri yang menjabat sebagai kepala Instagram dan Tom Ford.

Baca juga: Lady Gaga dinobatkan sebagai selebriti berbusana terbaik

Apa tema acara tahun ini?
Acara ini menandai pembukaan acara blockbuster tahunan Costume Institute, dan aturan berpakaian pesta biasanya bertema pameran. Tahun ini, Met Gala mengusung tema “In America: An Anthology of Fashion” dengan dresscode glamour berlapis emas, gilded glamour.

Bagaimana dengan tindakan pencegah COVID-19?
Para tamu harus memberikan bukti status vaksinasi dan tes PCR negatif COVID-19. Mereka juga diminta untuk memakai masker di dalam ruangan kecuali saat makan atau minum.

Apa yang bisa diharapkan penonton dari segi mode?
Jika Anda menonton “The Gilded Age,” Anda akan mendapatkan idenya. Pikirkan mode antara tahun 1870 dan 1890. Pikirkan buku Astors, Vanderbilts, Whitneys, dan Edith Wharton. Pikirkan emas, korset, bustles, dan lengan besar. Pikirkan dasi putih, bukan hitam.

Para perancang yang hadir hampir selalu datang dengan selebriti mereka sendiri. Begitu juga dengan para tamu yang mengusung label-label tertentu. Pada tahun 2018, misalnya, untuk “Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination”, penyanyi Rihanna datang sebagai Paus. Sementara itu, Katy Perry mengenakan sayap malaikat yang sangat besar lalu Sarah Jessica Parker memasukkan seluruh unsur Natal di kepalanya.

Baca juga: Ocasio-Cortez kenakan gaun berslogan politis di Met Gala 2021

Apakah Elon Musk hadir?
Dia menjadi peserta reguler dalam beberapa tahun terakhir karena memenuhi semua kriteria untuk bisa hadir di acara. Met Gala hanya untuk undangan. Tahun ini, seperti pada tahun 2021, ada sekitar 400 pihak yang terpilih dalam daftar tamu yang dijaga dengan kerahasiaan.

Editor Vogue Amerika sekaligus direktur artistik Conde Nast, Dame Anna Wintour bisa memutuskan siapa saja yang diundang dan peserta acara. Ini berarti meskipun sebuah perusahaan membeli sebuah meja, tetap tidak dapat memilih semua orang yang duduk di meja itu.

Apa yang terjadi ketika tamu masuk?
Ini rahasia. Mereka dilarang mengunggah apapun di media sosial. Tetapi secara umum, tamu bisa menikmati pesta koktail lalu makan malam yang menunya dibuat tiga koki yakni Amirah Kassem, pendiri Flour Shop; Melissa King, pemenang “Top Chef: All-Stars Los Angeles,” Musim 17; dan Lauren Von Der Pool, koki vegan yang membantu Michelle Obama dengan kampanye anti-obesitasnya untuk mewakili interpretasi baru masakan Amerika. Setelahnya, selalu ada beberapa bentuk hiburan. Pada tahun 2021, misalnya ada pertujukan dari Justin Bieber, diikuti D.J. D-Nice.

Baca juga: Deretan pesohor muda tampil memukau di Met Gala 2021

Baca juga: Nicki Minaj batal hadiri Met Gala 2021 gara-gara belum vaksin

Baca juga: Rose BLACKPINK dikabarkan akan ikut Met Gala 2021

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.