Warga Indonesia di Bangkok laksanakan shalat Idul Fitri 1443 H

Jakarta (ANTARA) – Masyarakat Muslim Indonesia di Bangkok berbondong-bondong memasuki kompleks KBRI Bangkok untuk melaksanakan shalat Idul Fitri 1443 Hijriah.

Hujan gerimis yang turun di pagi hari tanggal 2 Mei 2022 tidak menyurutkan langkah masyarakat Indonesia untuk merayakan hari kemenangan secara suka cita, berdasarkan keterangan tertulis dari KBRI Bangkok yang diterima di Jakarta, Senin.

Sambil menunggu pelaksanaan Sholat Idul Fitri, dengan penuh khidmat, masyarakat Indonesia bersama-sama mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid untuk mengagungkan kebesaran Allah SWT.

Duta Besar Rachmat Budiman mengatakan bahwa suasana itu merupakan penawar rindu warga Indonesia yang sedang berada jauh dari tanah air dan sanak saudara.

Idul Fitri, lanjut dia, momen yang sangat tepat untuk memperkuat kembali rasa persaudaraan dan persatuan.

Ia mengatakan shalat Idul Fitri dan silaturahmi kali ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dengan pengecekan suhu tubuh, pemakaian masker, dan hand sanitizer.

Bertindak sebagai Imam dan Khatib pada shalat Idul Fitri kali ini adalah Ustadz May Dedu.

May adalah salah satu Da’i Ambassador untuk Thailand dari Yayasan Askar Kauni.

Dalam khutbahnya yang bertemakan “Pandemi dan Fitrah Manusia; Tantangan, Peluang dan Harapan” telah disampaikan mengenai pandemik merupakan ujian dari Allah untuk umat manusia sebagai sarana peningkatan derajat manusia di sisi Allah.

Baca juga: Warga Muslim Indonesia di Inggris, KBRI London gelar takbiran virtual

Fitrah manusia itu baik, maka manusia yang sesuai dengan fitrahnya adalah manusia yang senantiasa berfikir kebaikan, berbicara kebaikan dan berbuat kebaikan dan memandang pandemi memiliki peluang kebaikan karena mengajarkan kita akan pentingnya untuk hidup bersih dan sehat serta harus lebih peduli dengan orang di sekitar kita.

Usai melaksanakan shalat Idul Fitri, masyarakat Indonesia secara teratur dan suka cita mulai memasuki Wisma Duta untuk melaksanakan silaturahmi dengan Duta Besar RI dan Ibu Tanty Rachmat Budiman.

Acara silaturahmi ini dihadiri oleh sekitar 800 masyarakat Indonesia dimana tidak hanya masyarakat Muslim Indonesia, tetapi juga masyarakat Indonesia lainnya dan juga friends of Indonesia.

Suasana hangat dan penuh persahabatan sangat terasa pada acara silaturahmi tersebut, warga masyarakat Indonesia saling bermaaf-maafan.

Perkembangan situasi Covid-19 di Thailand serta pelonggaran kebijakan berkumpul di Thailand telah memungkinkan KBRI Bangkok untuk melaksanakan perayaan Idul Fitri secara lebih leluasa.

Baca juga: PMI di Singapura urung mudik Lebaran karena khawatir dengan e-KTKLN

Para mahasiswa Indonesia dari berbagai Universitas di Thailand yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan kegembiraannya dapat berkumpul bersama masyarakat Indonesia lainnya menikmati suasana lebaran seperti di Indonesia karena sudah dua tahun momen lebaran seperti ini tidak dirasakan lagi di Thailand.

“Menu masakan lebaran seperti rendang dan lontong sayur yang disajikan benar-benar mengobati rasa rindu kampung halaman di Indonesia bagi kami para mahasiswa di Thailand, dimana selama ini kami hanya mendapatkan kiriman foto menu lebaran dari sanak keluarga di Indonesia”, kata Rezky Zebua, mahasiswa Universitas Chulalongkorn.

Suasana hari raya kian terasa dengan disajikannya kuliner hari raya khas tanah air seperti lontong, rendang, ayam balado, kentang mustofa, dan semur tahu telur.

Baca juga: KBRI Tokyo, masyarakat Islam di Jepang gelar shalat Idul Fitri

Baca juga: Ratusan WNI laksanakan shalat Id di KBRI Bandar Seri Begawan
 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.