Anies tegaskan SE Sekda bukan untuk kumpulkan massa Shalat Id di JIS

sebagai pemberitahuan bahwa Shalat Id tidak dilaksanakan di kantor wali kota maupun kantor bupati

Jakarta (ANTARA) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, Surat Edaran (SE) Sekretaris Daerah Marullah Matali bukan untuk menyuruh mengumpulkan massa aparatur sipil negara (ASN) dan non aparatur sipil negara agar Shalat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS).

“Tapi, tapi sebagai pemberitahuan bahwa Shalat Id tidak dilaksanakan di kantor wali kota maupun kantor bupati,” katanya usai menghadiri Festival Rampak Bedug Malam Takbir di JIS, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu malam. .

Dengan demikian, kata Anies, bukan diminta agar semua datang JIS karena biasanya kantor wali kota dan bupati di enam wilayah menyelenggarakan Shalat Id.

“Nah, kali ini, tidak perlu di kantor wali kota atau bupati, tetapi hanya satu saja di JIS,” katanya. 

Sebelumnya beredar Surat Edaran Nomor 27/SE/2022 tentang Imbauan Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1443 H/2022 M di Jakarta International Stadium.

Baca juga: Anies imbau warga tiba pukul 06.00 untuk Shalat Id di JIS

Surat edaran dari Marullah itu berisi sejumlah poin. Salah satunya soal penyelenggaraan Shalat Id di JIS akan dimulai pukul 06.30 WIB.

Kemudian poin kedua berbunyi, “Para Kepala Perangkat Daerah atau Unit Kerja pada Perangkat Daerah agar mengimbau aparatur sipil negara dan non-aparatur sipil negara yang tidak melakukan perjalanan mudik dan atau ke luar kota untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri sebagaimana dimaksud pada angka 1.”

Anies menegaskan bahwa itu sifatnya pemberitahuan kepada ASN dan non ASN di Kantor Wali Kota bahwa Shalat Id tidak dilaksanakan di area kantor wali kota, namun hanya satu saja tempat yakni di JIS.

“Yang namanya Shalat Id itu adalah sesuatu yang sunnah, tidak dikerjakan tidak dilarang. Jadi, ini tidak wajib, ini adalah sunnah dan kami pun tidak akan pernah mewajibkan,” kata Anies.

Dalam kesempatan itu, Anies pun memastikan dia akan hadir di JIS pada Senin pagi sebelum pukul 07.00 WIB untuk melaksanakan Shalat Id di sana.

Baca juga: Anies pastikan peserta Shalat Id di JIS bisa lihat rumput lapangan

“Saya juga shalat di sini. Insya Allah saya dari pagi sudah datang ke sini,” kata Anies.

Sementara itu, Lurah Sunter Agung Danang Wijanarka juga membantah adanya imbauan Sekda DKI untuk mengumpulkan warga di JIS, Tanjung Priok guna melaksanakan Shalat Idul Fitri.

“Tidak ada, semua datang karena memang kepingin datang. Saya tidak menyuruh datang, warga juga pasti datang,” kata Danang.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.