NgabubuTips: Kendalikan Diri saat Berkendara Motor di Bulan Puasa, Perhatikan 4 Hal Ini

Suara.com – Bulan Ramadan menjadi ujian untuk kaum muslim dalam mengendalikan diri sendiri. Apalagi di saat berkendara di jalan, ini menjadi ujian tersendiri.

Tak sedikit orang yang berpuasa saat mengendarai motor tidak bisa mengendalikan emosi.

Padahal emosi di jalan bisa mengurangi pahala puasa sendiri loh. Lalu bagaimana sih cara mengendalikan diri saat berkendara di bulan puasa.

Berikut beberapa tips yang dibagikan laman Astramotor.co.id bisa diterapkan ketika di bulan puasa.

Baca Juga: NgabubuTips: Agar Boncengan Aman dan Nyaman saat Naik Motor, Perhatikan 7 Hal Penting Ini

Berkendara saat hujan. [Angga Pratama/Unsplash]
Ilustrasi berkendara. [Angga Pratama/Unsplash]

1. Persiapan Perjalanan

Persiapan untuk memulai perjalanan dilakukan sejak sahur. Melalui asupan makanan yang bernutrisi tinggi serta memperbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi saat berkendara di teriknya matahari.

Jangan lupa juga untuk menggunakan perlengkapan berkendara, seperti jaket, helm, dan sarung tangan serta surat-surat berkendara serta periksa kembali keadaan motor teman-teman seperti angin ban, oli, bensin, dll agar mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan terjadi dijalan.

2. Istirahat yang Cukup

Salah satunya adalah waktu tidur yang kurang kerap dialami saat bulan Ramadan, sehingga bagi pengendara hal ini dapat memiliki potensi terjadinya micro sleep atau terlelap sejenak tanpa disadari.

Baca Juga: NgabubuTips: Cara Aman Parkir Mobil Matik Tanpa Rusak Transmisi Otomotis

Untuk para pemotor yang melakukan perjalanan pendek dan merasakan konsentrasi menurun karena mengantuk, sempatkan beristirahat minimal selama 10 menit.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.