Menparekraf sebut kuliner sebagai pariwisata unggulan di Belitung

Apakah semua pelaku UMKM ini sudah siap? jika sudah siap maka segera sampaikan kepada bupati dan wali kota di daerahnya

Pangkalpinang (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan kuliner merupakan subsektor pariwisata unggulan di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Pada 2016 Kabupaten Belitung sudah melakukan uji petik dan hasilnya subsektornya adalah kuliner,” kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat meresmikan Ruang Kreatif Melati Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan Kemenparekraf berkeinginan 514 kabupaten/kota di Indonesia memiliki subsektor ekonomi kreatif unggulan, karena ini merupakan sinergi dan rencana aksi yang tepat sasaran, manfaat, dan tepat waktu, untuk menciptakan pariwisata daerah yang berkualitas serta berkelanjutan.

“Kita juga sudah mengundang kabupaten/kota di Babel seperti Pangkalpinang, Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, dan Bangka Tengah, untuk juga memiliki subsektor ekonomi kreatif unggulannya,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca juga: Gubernur: Belitung siap promosikan pariwisata lewat ajang G20

Pada peresmian Ruang Kreatif Melati yang dihadiri pelaku UMKM se-Pulau Bangka itu, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mendorong UMKM untuk lebih kreatif dan memiliki subsektor ekonomi unggulan di daerah mereka.

“Apakah semua pelaku UMKM ini sudah siap? jika sudah siap maka segera sampaikan kepada bupati dan wali kota di daerahnya,” kata Menparekraf.

Kunjungan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno kali ini tidak hanya meresmikan Ruang Kreatif Melati tetapi juga diagendakan berdiskusi bersama OK OCE serta audiensi dengan pelaku seni dan budaya di Pangkalpinang.

Selain itu dalam mendukung pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Babel, Menparekraf Sandiaga Uno juga diagendakan untuk mengunjungi Sentra IKM Olahan Laut Kampung Nelayan Kurau Kabupaten Bangka Tengah. 

Baca juga: Kunjungi pelaku ekraf, Sandiaga kagum pembuatan kapal kayu di Belitung

Pewarta: Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.