Menparekraf Dorong Pariwisata Berbasis Kualitas

Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong pariwisata berbasis kualitas. Pariwisata yang menawarkan pengalaman unik pada wisatawan.
 
“Kita perlu mendorong pariwisata berbasis kualitas yang menawarkan experience atau pengalaman unik yang membawa kenyamanan bagi para wisatawan. Desa Wisata menjadi salah satu alternatif wisata alam yang dapat menghadirkan keunikan,” kata Sandiaga melalui keterangan tertulis, Selasa, 19 April 2022.
 
Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat sosialisasi sadar wisata di Samosir, Sumatra Utara. Menurut dia, pandemi covid-19 berdampak signifikan bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga industri tersebut mesti memberikan sesuatu yang berbeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pariwisata melalui ciri khas produk lokal dan atraksi daerah,” kata Sandiaga.
 
Baca: Sandiaga Harap Program Kata Kreatif Indonesia Dorong Penciptaan Lapangan Kerja
 
Merujuk pada Data Grab pada 2021, dia menyebutkan kunjungan wisatawan di Desa Wisata saat pandemi naik 30 persen. Sandiaga menilai hal ini merupakan alternatif ketahanan ekonomi Indonesia di masa pandemi.
 
Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Frans Teguh, menekankan pentingnya meraih kepercayaan wisatawan. Frans mengatakan sosialisasi ini sangat penting mempersiapkan masyarakat untuk menyambut wisatawan.
 
“Untuk memperkuat model pengelolaan desa wisata saat ini harus dapat mempertahankan kearifan lokal dan menawarkan pengalaman menyeluruh dengan pilihan aktivitas wisata yang memberi pengalaman otentik,” kata Frans.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir, Teti Naibaho, mengatakan sosialisasi ini menyegarkan kembali pengetahuan warga di Kabupaten Samosir. Khususnya, terkait pemulihan sektor pariwisata khususnya dalam melayani kunjungan wisatawan.

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.