Review Xiaomi 12: Flagship Kecil yang Menyegarkan

Setiap tahunnya, selalu ada vendor smartphone yang rilis flagship terbaik. Dan dalam setiap perilisan flagship alias smartphone kelas atas, ada ruang tersendiri bagi mereka yang meluncurkan perangkat dengan desain kompak. Xiaomi 12 jadi salah satu yang terbaru di semester pertama 2022 ini, berikan fitur lengkap tanpa harus berdimensi besar.

Bisa dibilang kehadiran Xiaomi 12 merupakan sebuah comeback untuk sebuah flagship compact, karena beberapa generasi sebelumnya selalu punya dimensi besar (atau sekarang sudah dianggap normal). Mi 11 Lite tidak dihitung, ya, karena spesifikasinya berbeda cukup jauh. Sehingga kini konsumen punya lebih banyak opsi, selain dari yang sudah mainstream seperti Apple dan Samsung.

Namun tak dapat dipungkiri, keterbatasan ruang pada smartphone kecil tentu berdampak pada pengalaman penggunaan. Begitu pula dengan spesifikasi hardware-nya, seperti ruang untuk baterai besar, jumlah sensor kamera dan lainnya. Menurut saya, Xiaomi menggunakan racikan yang pas dalam hadirkan Xiaomi 12, tanpa banyak yang harus “dikorbankan”.

Untuk sebuah flagship Android yang dijual seharga Rp10 juta kembali seribu, apakah Xiaomi 12 layak jadi pilihan utama? Berikut impresi lengkapnya.

Desain

Desain Xiaomi 12

Jadi, seberapa kecil Xiaomi 12 dalam genggaman? Tentu masih lebih besar dari, misalnya, Google Pixel 3 maupun iPhone 12 mini. Kurang lebih sama dengan Galaxy S21 5G, sedikit lebih tinggi namun lebih ramping. Tergolong cukup hebat, karena layarnya pun lebih besar. Dalam genggaman pun lebih nyaman, namun dengan sebuah catatan.

Smartphone ini terlihat dan terasa sangat premium, benar-benar sesuai flagship masa kini. Material kaca depan belakang, plus lengkungan 3D pada dua sisi depan belakang juga menambah kesan mewah, sekaligus lebih nyaman saat digenggam. Varian warna ungu yang saya ulas kali ini pun seolah punya ciri khas tersendiri. Warnanya kalem, kok, mendekati silver.

Jadi rasanya tetap cocok digunakan untuk laki-laki sekalipun. Meski bebas dari sidik jari, sayangnya bodi belakang Xiaomi 12 terasa licin, terutama ketika tangan sedang basah atau berkeringat. Untungnya Xiaomi berikan pelengkap berupa soft case agar bisa mengatasi hal tersebut. Walaupun kesan mewah jadi sedikit berkurang.

Modul kamera belakang cukup besar, berikan nilai plus yakni layar tidak goyang ketika dioperasikan saat Xiaomi 12 diletakkan di atas meja. Xiaomi juga berikan detail kecil menarik—saat melihat bezel atas dan bawah, terdapat setup speaker stereo yang tiap lubangnya disusun dengan ukuran berbeda. Meski kecil, terasa mantap di genggaman dengan bobot 179 gram.

Layar

Layar Xiaomi 12

Banderol harga premium juga tercermin pada kualitas layar Xiaomi 12, yang notabene kita pandang setiap saat sebagai pengguna smartphone. Dimensi 6,28 inci tentunya sudah cukup besar, dan Xiaomi cukup hebat bisa sematkan layar sebesar ini dalam bodi kompak. Nyaman untuk penggunaan satu tangan, tapi juga masih aman untuk jalankan dua aplikasi.

Layar Xiaomi 12

Gunakan panel superior yang bisa tampilkan hingga 68 miliar warna, layar Xiaomi 12 telah mengantongi skor A+ dari DisplayMate. Tak hanya kaya warna, juga punya akurasi tinggi. Aman digunakan di luar ruangan, punya sensor sidik jari in-display yang juga cepat, plus refresh rate hingga 120Hz bersifat adaptif.

Hal lain yang saya suka adalah opsi super wallpaper bawaan, membantu percantik tampilan Xiaomi 12 mulai dari layar terkunci sampai masuk ke home screen. Pilihan pengaturan warnanya pun sangat beragam, bisa memilih untuk gunakan standar P3, sRGB, sampai atur kontras & gamma sesuai selera.

Kamera

kamera Xiaomi 12

Xiaomi sematkan tiga sensor kamera pada bodi belakang Xiaomi 12. Tak semuanya beresolusi tinggi seperti varian Pro, sensor utamanya gunakan sensor Sony IMX766 50MP dengan OIS. Sementara dua lainnya adalah 13MP f/2.4 ultra wide-angle, dan 5MP telemacro dengan autofokus yang saya suka banget dibandingkan sensor makro standar.

Nggak cuma fitur di luar kamera, di dalam aplikasi kamera bawaan juga ada banyak sekali opsi yang bisa dipilih. Mulai dari short video, VLOG dengan efek transisi otomatis, clone hingga dual video. Juga ada mode long exposure dengan pilihan efek sesuai selera, memungkinkan kamu untuk ambil foto light trails tanpa bantuan tripod.

Kamera Xiaomi 12

Bagaimana dengan kualitas fotonya? Singkatnya, setara dengan flagship atau smartphone lain yang gunakan sensor sama. Pengambilan fokusnya juga tergolong cepat dan akurat—teknologi Xiaomi ProFocus memang bukan sekadar klaim saja. Pengambilan foto dengan mode malam pun tak perlu menunggu waktu lama untuk dapatkan detail ekstra.

Dynamic range lebar, detail foto berlimpah, hanya saja warna sering kali tergolong over-saturated. Dan bakal lebih ‘parah’ lagi kalau mengaktifkan fitur AI, jadi kalau ingin hasil lebih natural, ada baiknya dimatikan saja. Dan walaupun resolusinya jauh lebih kecil, sensor ultra-wide Xiaomi 12 cukup bersaing. Meski dalam kondisi malam hari, wajib aktifkan mode malam untuk kurangi noise dan pertajam foto.

Untuk skin tone sendiri, beberapa foto yang saya tangkap cenderung tampilkan warna kulit sedikit lebih hangat dari aslinya. Hasil foto lengkap dari kamera Xiaomi 12 bisa kamu akses pada album berikut ini ya.

qxNCarczZiLGRdf5Dj GkZ 6MbLP iHDswp6lE0opABdT3nCGaOGmSQK7ZhB8Cp2f PcXEQkt9f1mBIZAv934BtNQLbpYYBNvzivv ZPdbzPIj8gkBD QKiwMWbaAEy9xnr461G3dQ4=w1024 h768 p k
Menggunakan sensor ultra wide-angle
HGprxFECpj5DZofvrDJfYNRih86QgQSE4BFS9N8v z7S7zi5hNDHMFbis9RvVHXT9I ZUgPkJbuD sUb0eIzFsdR Hk02d6ZDuBpYleJ lWTB0tAgf S2af0L6XZt8lfuMCSsRcckxc=w1024 h768 p k
Sensor utama bisa berikan efek HDR yang baik
20otEhl6yDGLA1YCQss8e6jUv6YZgiYXx2VpxcOzKHt HTMu bYVC9 jypbsc0rgFN8tFe2n7Bi0ZB2ms sEWkeN7f4iEf y0NTvWyFnU1elYBCpVZOCjWiZobPTA1qtOPhuudbLtkw=w1024 h768 p k
2x digital zoom, indoor malam hari
2qeLUJQbyTwCRyz9kyXuvzqkGYLzYs8vpfgeQy13iue8P80d9qYB5pIgxXer R AS3NwuheC1k IgHkyJEpAkoTLvy89Is0k8C4eGib3ewpmdDCbe5Q94mQsVfNU4bF7P4NK7amDT84=w1024 h768 p k
Menggunakan sensor telemakro
RP9Z5KBi37xCCaYkesGa3r UIsO4MFGllYtiMno0Wc3PPA2PvuKrfn ITy1DvGUolIVpHNu5NVfVa1TeBSAiCtNx6LcxXLvlLscFB3RKVmKO2dH3Zfo06Z6vyr8PWHACCvYBRHbQmxw=w1024 h768 p k
Sensor utama, tanpa mode malam
FtPHh1p8XcBY3N7 XQHTfB8erS SeaxCZbMJdVZwH3NXkwAqAgISQ2uedWfBY0WCck96L2y Yr 33b8J7608yPobHtgdu9e17fRDcMzuy9JbONpdAw2zD rdGHywbsxScu4zjY47f A=w1024 h768 p k
Sensor ultra wide-angle, dengan night mode
08U9cHtXt 5HuDYrAaGfT32YTwOTtFhQacFmmuTOnvwfcRXrmKGzpv2owDL0YKM V1ve8tJOqEVPp d zQQM 3AOu5O 34Yy2X0V4gGDNZu9u1AHqlwI3pkSYmbFuMpjg7bcOYhAghA=w1024 h768 p k
Menggunakan mode portrait
Jq4tHKRZOaC8dxAq hRRcyklvrN8egyRVlW lxx H99 YIXHPYyqUMkiWunVKbk P 1asglBcx w8Cznr2m fruLN7tZqH 6MYR8ZYocSR0TFbgj2mcNBcxs4yaLg4 juE8adcio0O4=w1024 h768 p k
Tetap optimal di malam hari, terutama separasi obyek dan latar
FIrsIOJVM0W2gAvapImX3QsY09NsLjBusbVE7n2fOKWCty2sIaknMf QUkXRs4jOOyF0eSYSJTgq3QWTWeC4oLODOFB K wHQuFr OfH72DBvNg6 HmiRwxWTB5z9 4D1dnxGbrUkSo=w1024 h768 p k
Kamera depan, mode portrait malam hari

Lanjut ke perekaman video, Xiaomi 12 bisa hasilkan video dalam resolusi 8K 24fps pada sensor utama, dan 4K 60fps untuk dua sensor kamera belakang. Ya, sayangnya kamera depan hanya bisa hingga 1080p 60fps, meski resolusi foto sudah tinggi di 32MP.

Ketika rekam video dalam resolusi 4K, pengguna dapat berganti sensor secara mulus lewat zoom slider di Xiaomi 12. Hasil perekamannya pun tergolong stabil, meski tanpa mengaktifkan opsi Steady Video sekalipun. Juga ada opsi HDR, serta opsi mode malam khusus video.

Untuk mode terakhir, kamu harus masuk ke mode malam lebih dulu, baru kemudian menekan tombol video (alias tidak ada pada menu video sebelumnya). Mode ini hanya bekerja pada sensor utama, dan efektif ketika digunakan pada skenario yang benar-benar gelap. Cocok ketika memang tidak ada sumber cahaya lain.

Fitur

Xiaomi 12

Xiaomi 12 sudah menjalankan Android 12, lewat tampilan antarmuka MIUI 13 terbarunya. Sebelumnya, saya sudah menyebutkan fitur super wallpaper yang bikin tampilannya terlihat sangat premium. Tentunya, ada segudang fitur bawaan MIUI yang bisa dibahas. Namun saya highlight beberapa fitur favorit selama penggunaan.

Mi Remote tentu banyak saya gunakan untuk mengaktifkan AC atau televisi di rumah, memanfaatkan sensor inframerah pada bodi bagian atas. Floating windows juga cukup sering saya gunakan ketika membuka pesan di WhatsApp, meski awalnya kebingungan untuk menutup kembali. Untuk hardware, kualitas speaker stereonya terasa jempolan, sangat lantang dan cukup detail.

Selama satu minggu penggunaan, saya tidak menemukan iklan sama sekali. Paling-paling, ada beberapa penyesuaian yang saya lakukan di awal supaya tidak bingung. Misalnya, atur tampilan multitasking agar sama seperti Android lain, termasuk bar notifikasi yang awalnya dipisah dari pintasan tombol (Control Center). Sebagai pengguna iPhone, saya justru bingung karena, ya.. ini Android, naturalnya dibuat jadi satu bukan?

Singkatnya, masih seperti yang lalu-lalu, MIUI terbaru di Xiaomi 12 sudah tergolong nyaman digunakan, meski mungkin di awal harus dilakukan sejumlah penyesuaian. Kaya fitur? Kaya, banget. Tapi nggak dipakai semuanya juga oke kok.

Performa

Skor Antutu Xiaomi 12

Sebagai flagship rilisan 2022, tentunya Xiaomi 12 sudah gunakan cip terbaik dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 1. Bawa performa kencang, hal penting lainnya adalah bagaimana Xiaomi dapat ‘menjinakkan’ cip satu ini, mengingat sudah dikenal punya suhu yang di atas rata-rata. Untuk itu, Xiaomi gunakan panel VC LiquidCool berukuran 2600 mm persegi.

Bagaimana hasilnya, apakah masih bisa terasa panas? Tentu saja, terutama saat mengaktifkan potensi penuhnya ketika bermain gim atau akses kamera. Namun untuk penggunaan lainnya sepanjang hari, suhunya tetap terjaga. Bila dibandingkan, Xiaomi 12 terasa lebih dingin di tangan daripada Galaxy S22+ 5G yang hampir selalu hangat saat digunakan.

Tentunya menjalankan aplikasi apa pun menggunakan Xiaomi 12 bakal terasa sangat responsif. Dengan kapasitas RAM 8GB, secara default fitur Memory extension sudah diaktifkan, menambah 3GB virtual RAM untuk perlancar multitasking. Xiaomi juga berikan opsi tambahan untuk utamakan performa di menu Settings, namun tentu tidak saya sarankan demi alasan baterai.

Lagi-lagi, untuk sebuah smartphone berdimensi kompak, saya sudah berekspektasi kalau suhu bodi bakal terasa mudah hangat. Menurut saya Xiaomi sudah cukup sukses optimalkan Snapdragon 8 Gen 1 pada Xiaomi 12. Kalau sesekali panas, saya rasa wajar, karena yang lain pun demikian.

Baterai

Untuk ukuran bodinya yang kecil, Xiaomi cukup hebat bisa menyematkan baterai berkapasitas besar, yakni 4,500 mAh. Kecepatan pengisian dayanya pun impresif; hingga 67W menggunakan kabel, atau 50W secara nirkabel. Ya, betul, Xiaomi 12 mendukung baik wireless charging hingga reverse wireless charging (10W).

Dalam 30 menit, baterai Xiaomi 12 dapat terisi hingga lebih dari 85%. Sementara untuk mencapai angka 100%, membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit. Ya, lebih lama dari solusi vendor lain yang gunakan 65W dengan dua baterai. Namun biasanya jenis tersebut membutuhkan ruang lebih besar, atau kapasitas baterai lebih kecil.

Dengan baterai 4,500 mAh, saya tidak perlu berusaha maksimal agar smartphone ini bisa bertahan seharian penuh. Bahkan dengan mengaktifkan always-on display, smartphone ini jarang habis duluan sebelum tengah malam. Kecuali pada hari tersebut saya benar-benar banyak akses kamera atau menggunakannya sebagai hotspot.

Kesimpulan

Kelengkapan Xiaomi 12

Xiaomi 12 adalah smartphone kompak terbaik di awal tahun 2022. Racikan yang pas antara dimensi bodi, layar serta baterai. Tidak terlalu kecil sehingga membuat baterai tak bisa tahan seharian, namun juga sudah sangat nyaman dalam genggaman akibat profilnya yang ramping.

Bodinya pun tidak mudah terasa hangat, kecuali pada skenario tertentu yang memerlukan chipset-nya untuk bekerja keras. Kameranya juga berkualitas, walaupun belum ada sensor telefoto. Xiaomi 12 juga belum didukung oleh IP rating, namun sudah bisa fast wireless charging.

Apakah smartphone ini merupakan opsi paling value for money? Menurut saya, realme GT 2 Pro jadi pesaing yang sangat dekat (dengan harga sedikit lebih murah). Namun keduanya tak bisa dibandingkan, mengingat dimensi (termasuk material bodi) sangat berbeda. Kembali kepada Gizmo friends, ingin memilih smartphone kompak atau berukuran standar masa kini.


Spesifikasi Xiaomi 12

Xiaomi 12
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General

Device Type Smartphone
Model / Series Xiaomi 12
Released 07 April, 2022
Status Available
Price Rp 9.999.000

Platform

Chipset Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm)
CPU Octa-core (1×3.00 GHz Cortex-X2 & 3×2.50 GHz Cortex-A710 & 4×1.80 GHz Cortex-A510)
GPU Adreno 730
RAM (Memory) 8GB LPDDR5
Storage 256GB UFS 3.1
Operating System Android 12
User Interface MIUI 13

Design

Dimensions 152.7 x 69.9 x 8.2 mm
Weight 179 gram
Design Features Glass front (Gorilla Glass Victus) & back (Gorilla Glass 5)
Aluminum frame
Warna: Gray, Blue, Purple, Green
Battery 4500 mAh
67W fast charging
50W fast wireless charging
10W reverse wireless charging

Display

Screen Type AMOLED, 120Hz, 1100 nits (maks)
Size and Resolution 6,28″ 2400 x 1080 FHD+, Rasio aspek 20:9, 419ppi
Touch Screen Yes
Features HDR10+
DisplayMate A+ rating
68 billion colours
Dolby Vision

Network

Network Frequency GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bands HSDPA 850 / 900 / 1700(AWS) / 1900 / 2100
4G bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 20, 28, 32, 38, 40, 41
5G bands 1, 3, 7, 8, 20, 28, 38, 41, 77, 78 NSA
SIM Dual nano SIM, dual standby
Data Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G (2+ Gbps DL)

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 50 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.56″, 1.0µm, PDAF, OIS; 13 MP, f/2.4, 12mm, 123˚ (ultrawide), 1/3.06″, 1.12µm; 5 MP, f/2.4, 50mm (telephoto macro), AF
Front 32 MP, f/2.5, 26mm (wide), 0.7µm
Flash LED flash
Video [email protected], [email protected]/60fps, [email protected]/60/120/240/960fps; gyro-EIS
Camera Features Pro Mode, RAW capture, Night mode, Vlog Mode, Dual Video, Clone Mode

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Mendukung Wi-Fi 2×2 MIMO
Bluetooth 5.2, A2DP, LE, aptX
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
HDMI No
Wireless Charging Yes
NFC
Infrared Yes

Smartphone Features

Multimedia Features Stereo speakers
Harman Kardon
FM Radio FM radio, recording
Web Browser HTML5, Google Chrome
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Sensors Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, color spectrum
84% Kecil dan pas

Review Xiaomi 12

Bukan yang paling kecil, namun Xiaomi 12 bawa kombinasi dimensi dan spesifikasi yang pas. Membuatnya nyaman untuk digunakan sebagai smartphone utama harian.

  • Design

  • Display

  • Camera

  • Features

  • Performance

  • Battery

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.