Nadiem: Permenko Kesejahteraan Anak Sekolah Searah dengan Konsep Merdeka Belajar

Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meluncurkan Permenko Nomor 1 Tahun 2022 tentang Rencana Aksi Nasional Peningkatan Kesejahteraan Anak Usia Sekolah dan Remaja. Permenko ini akan memperkuat komitmen negara menjamin masa depan anak bangsa.
 
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbduristek) Nadiem Makarim menyatakan semangat Permenko tersebut juga dimiliki dalam kebijakan Merdeka Belajar. Nadiem menuturkan Permenko itu searah dengan kebijakan yang dibuat pihaknya.
 
“(Permenko) ini benar-benar searah dengan konsep kita di Merdeka Belajar dan juga kepentingan iklim keamanan, kesejahteraan, dan kesehatan daripada murid-murid kita di umur sekolah dan remaja,” kata Nadiem dalam siaran YouTube Kemenko PMK, Selasa, 19 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dia menyebut Kemendikbudristek memiliki alat ukur kesejahteraan siswa di sekolah, yakni Asesmen Nasional (AN). Nadiem menyebut AN merupakan sejarah bagi bagsa.
 
“(AN) ini pertama kalinya dalam sejarah kita mengukur iklim keamanan dan kebhinekaan dan dari situ lah adalah langkah permulaan dari perubahan, karena kalau kita tidak bisa ukur, kita tidak bisa perbaiki,” papar Nadiem.
 
Nadiem percaya hasil AN dapat menjadi penentu langkah memperbaiki dosa dunia pendidikan. Seperti perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi.
 
“Dan dari situlah kita akan memulai, jadi terima kasih sekali lagi kepada Kemenko PMK yang telah mengkoordinasi dan juga memberikan target-target yang spesifik untuk bisa mencapai kesejahteraan daripada anak-anak umur sekolah dan remaja,” tutur Nadiem.
 
Baca: Hasil Asesmen Nasional 2021: 24,4% Siswa Alami Perundungan dan Kekerasan Seksual
 
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.