China catat peningkatan kualitas udara dan air pada 2021

Jakarta (ANTARA) – Lingkungan di China semakin membaik tahun lalu, menurut laporan resmi mengenai kondisi lingkungan dan pencapaian berbagai sasaran perlindungan lingkungan pada 2021.

Tahun lalu, persentase hari dengan kualitas udara yang baik adalah 87,5 persen di kota-kota setingkat dan di atas level prefektur, naik 0,5 poin persentase secara tahunan (year on year/yoy), kata laporan itu, yang diserahkan pada Senin (18/4) kepada Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional China untuk ditinjau.

Konsentrasi rata-rata partikel udara berbahaya PM2,5 tercatat 30 mikrogram per meter kubik, turun 9,1 persen (yoy), menurut laporan itu.

Proporsi air permukaan pada atau di atas Tingkat III dalam sistem kualitas air lima tingkat di negara itu naik 1,5 poin persentase (yoy) menjadi 84,9 persen pada 2021, kata laporan tersebut.

Sementara, proporsi air permukaan di bawah Tingkat V, yang merupakan level terendah, tercatat 1,2 persen, imbuh laporan itu.

Pada 2022, China akan melakukan lebih banyak upaya untuk menghilangkan cuaca yang sangat tercemar, mengendalikan polusi ozon dan polusi truk diesel, melindungi Sungai Yangtze dan Sungai Kuning, melakukan perawatan komprehensif terhadap area-area laut utama, serta memetakan saluran pembuangan limbah dan mengontrol pembuangan polutan, papar laporan itu. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.