Ambulan Motor Siap Fasilitasi Pemudik di Merak

Arus mudik lebaran tahun ini diperkirakan akan membeludak karena dicabutnya aturan larangan mudik yang terjadi dua tahun belakangan ini, akibat adanya pandemi covid-19. Dengan diperbolehkannya kembali mudik, masyarakat akan memanfaatkan momen ini untuk bersilaturahmi dengan keluarga. 
 
Tentunya hal ini akan membuat arus lalu lintas menjadi padat serta terjadinya antrean di beberapa titik kemacetan ataupun areal kantong parkir yang biasanya sudah langganan sejak sebelum pandemi datang. Tentu hal ini menimbulkan kekhawatiran tersendiri buat para pemudik yang mungkin punya penyakit khusus dan lain-lainnya.
 
Menyiasati kondisi tersebut dan dalam mendukung lancarnya aktivitas berlebaran, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II B Banten menyiapkan empat sepeda motor yang dikendarai paramedis. Tim paramedis ini akan beroperasi untuk memberikan pertolongan pertama kepada pemudik yang membutuhkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca Juga:
Antusiasme Konsumen Daihatsu Rocky Jalani Recall

 
Kepala KKP Kelas II Banten Ongky Sedya Dwi mengatakan ambulan motor yang kita siapkan sudah dilengkapi dengan alat emergency dan tabung oksigen. “Ambulan motor tersebut akan dioperasikan selama H-7 dan H+7, pengoperasiannya tidak hanya di pelabuhan Merak tapi juga di daerah Cikuasa sampai Cilegon,” ujar Ongky dalam keterangan persnya pada Senin (18/4/2022).
 
Sayangnya, Ongky tak menyebutkan berapa jumlah unit motor yang mereka turunkan untuk mobilitas tim medis ini. Namun jika dilihat dengan lebih detail, kendaraan yang diturunkan untuk mobilitas tim medis ini berjenis motor matic, yaitu Honda Vario 125 cc. Dilengkapi dengan wind screen, tentu ini akan membantu tim medis bisa bergerak cepat meski kondisi cuaca kadang tak bersahabat.
 
Diprediksi tim medis yang akan berpatroli akan berboncengan untuk satu motor dan mereka sudah dilengkapi dengan tas kecil yang memuat kebutuhan akan obat-obatan pertolongan pertama terhadap para pemudik. Termasuk toolkit medis untuk melakukan skrining kesehatan dan lainnya.  (StoryBuilder: MEF dan UDA)
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.