Review realme 9 Pro+: Pengalaman Flagship dengan Kamera Superior di Kelas Mid-Range

Mengawali tahun 2022, realme Indonesia hadirkan sebuah smartphone yang menurut saya sangat menarik. Hadir sebagai opsi terbaru dari realme Number Series, namun membawa kualitas kamera setara flagship. realme 9 Pro+ berani membawa klaim yang cukup serius, terutama untuk segmen smartphone Rp4 jutaan.

realme 9 Pro+ hadir sebagai smartphone pertama dengan varian “Pro+”, di mana penambahan tanda “+” di akhir mengindikasikan kalau smartphone ini membawa fitur-fitur flagship yang lebih banyak ke kelas mid-range. Tidak hanya pada sektor kamera, namun juga di bagian-bagian lainnya.

Bahkan realme menyebut perangkat ini sebagai flagship kelas menengah, di mana realme 9 Pro+ mengusung kamera flagship, desain flagship dan performa flagship. Fitur-fitur tersebut benar bisa saya rasakan selama periode mengulas smartphone realme terbaru ini, hingga dikejutkan dengan beberapa fitur tambahan lainnya.

Dapat disimpulkan kalau smartphone ini benar-benar bisa menawarkan pengalaman menggunakan smartphone flagship, dan tidak hanya pada kemampuan kameranya saja. Meski juga ada beberapa bagian yang masih bisa ditingkatkan. Berikut adalah ulasan lengkap realme 9 Pro+.

Desain

Desain realme 9 Pro+

Sedikit familiar, namun jauh berbeda dari generasi sebelumnya. realme 9 Pro+ mengusung desain yang lebih sleek, gunakan desain bodi belakang yang sepenuhnya baru, disebut dengan Photochromism. Lebih tipis di 7,99mm dengan bobot 182gram, smartphone ini sangat nyaman dalam genggaman.

Modul kameranya sendiri dibuat lebih modern seperti seri flagship, dan opsi warna Sunrise Blue yang kami ulas tampil glossy dan sedikit menyamarkan bekas sidik jari. Selain efek glitter dan gradasi warna biru, bodi belakang realme 9 Pro+ mengusung teknologi cukup spesial, yakni Light Shift Design.

Terbuat dari tiga lapisan khusus dengan permukaan yang dibuat seperti kaca, smartphone ini bisa berubah warna ketika terpapar sinar matahari atau sinar UV secara langsung, menjadi merah yang cukup dominan. Warna tersebut bakal kembali hilang setelah beberapa menit, berikan pengalaman yang baru, terutama di seri mid-range.

Sedikit tambahan, realme memberikan aksesori seperti soft case dalam paket penjualan. Tak hanya melindungi bodi smartphone, juga termasuk modul kameranya. Mengurangi rasa khawatir bila terjadi hal yang tak terduga.

Layar

Layar realme 9 Pro+

Selain desain baru, spesifikasi layar realme 9 Pro+ juga sudah bisa dibilang setara flagship masa kini. Panel Super AMOLED 6,4 inci yang digunakan memiliki refresh rate tinggi hingga 90Hz. Memang belum 120Hz, namun perbedaan keduanya tidak signifikan untuk penggunaan sehari-hari. Yang lebih penting, touch sampling rate 360Hz membuat layar smartphone lebih responsif terhadap sentuhan jari.

Layar realme 9 Pro+

Dengan kecerahan maksimum 1,000 nits, menggunakan realme 9 Pro+ di luar ruangan tetap terasa nyaman. Layar ini juga sudah berlapis Gorilla Glass 5, plus lapisan anti gores dari pabrikan. Sensor sidik jarinya pun sudah disematkan di dalam layar (in-display), namun realme berikan sebuah fitur ekstra yang tidak biasa. Yakni fitur heart rate detection.

Lewat menu realme Lab yang bisa diakses di menu Settings, pengguna bisa memonitor detak jantung dengan menempelkan jari ke sensor in-display fingerprint selama 15 detik. Akurasinya sendiri tak jauh bila dibandingkan dengan realme Watch S Pro. Meski memang belum ada cara untuk membagikan hasil ke platform lain seperti Google Fit maupun realme Link.

Kamera

Kamera realme 9 Pro+

Membahas fitur utama terbaik yang ditawarkan oleh realme 9 Pro+, yakni kameranya. Beri kemampuan setara flagship, realme perkenalkan ProLight Imaging Technology yang terdiri dari solusi hardware dan software. Termasuk penggunaan sensor Sony IMX766 dengan OIS, pertama di harga Rp4 jutaan. Beresolusi 50MP dengan dimensi sensor 1/1,56 inci dan diafragma f/1.8.

Sensor tersebut juga mendukung All Pixel all-directional focus, memudahkan pengambilan fokus dalam beragam kondisi pencahayaan secara cepat dan akurat. Sementara dua sensor lainnya merupakan sensor ultra wide-angle 8MP dan makro 2MP. Di mana masing-masing memiliki kualitas baik, meski tidak spesial. Lantas apakah kamera utamanya benar-benar setara flagship?

Setelah menjajal dua smartphone flagship lain dengan sensor sama dan harga jual jauh lebih mahal, realme 9 Pro+ bisa berikan pengalaman yang relatif sama. Gambar yang ditangkap punya detail sangat tinggi dengan rentang dinamis lebar, warna cenderung akurat bahkan 2x digital zoom yang juga masih berkualitas. Proses pengambilan fotonya pun tergolong instan.

Ingin hasil foto lebih berwarna? Cukup aktifkan AI Scene Enhancement agar foto yang ditangkap bisa langsung dibagikan ke media sosial tanpa perlu edit. Bagaimana saat malam hari? Sering kali saya tak merasa perlu menggunakan mode malam karena foto yang dihasilkan sudah cukup terang. Namun bila inginkan detail tinggi dengan warna lebih pop, bisa gunakan mode tersebut.

Adanya OIS juga memudahkan pengambilan foto dengan shutter lebih lama. realme 9 Pro+ juga mengenalkan Street Photography Mode 2.0, yang semakin memudahkan pengambilan foto malam. Lewat mode Long Exposure, saya bisa menangkap foto light trail hingga 20 detik dengan output yang stabil secara handheld. Ya, tanpa perlu menggunakan alat bantu tripod.

Hasil foto lengkap dari kamera realme 9 Pro+ bisa kamu akses pada album berikut ini.

VSbUBD4hM6D4wbBKjunQLof8SUiD3ZYLS6j21Wh0cwMC UN9yeTynxFrDKMeqZmT JrMUjmAd5 f9kVASo2pcPv8 tRDDMuyPt3uLe6fnvtnuWNEA9KekDXiaYCUD l7pbbRCce10=w1024 h768 p k
Menggunakan sensor ultra wide-angle, sekaligus uji kemampuan HDR
g frnwqbpfVZT7jCcD4aOa0HYpHf8J8MEHWes ZEm3ESN2tl4DzDoSA3tlRAGsCsyBg3MaBnaaHKoXDP1S3V0bS5VNQ0sPlbDdQaD8tTl2krWJ97Vk2BSd3OTeLZTfcFJzApAk5R c=w1024 h768 p k
Sensor utama, indoor cahaya berlimpah
qjMEvtrIuozRMFCAhQoBH eu1VhCWS9 ZHOD8KvY8RYvJBPeXe9mxun2IppsRj2mKaU5tqs JEQRVdjkJZjimUIsv2EXx1ScRpyomcEr JR60NZJ6Uock0ul5IAksb Dj6KXTJkX3ZI=w1024 h768 p k
Indoor, cahaya cukup, 2x digital zoom
9TSlsCSUGnlsJ7NodkS Ts01wO2THnkAyFp795ONWsk4joK9UEY3Savw5n1ptjEehphuayGLExaqvxBqodNKQKFVY2Cx6Sy wy7KroEzE1vAFvbaUpn8l82b5ID5jFevucwPnMZkA I=w1024 h768 p k
Tanpa depth sensor khusus, separasi obyek dengan latar pada mode portrait tergolong sempurna
5NvLg70QtRKnF7R8a6541J73LXum2QNE5S3qa3kytmDtk gPgje6aanbDInNjrno7bKM372VJJK2OuxVRdAY oQYVjNuSi 8aArc 7rlPuoBm5ayYk6ScydS2ld8FJA Bnozhg5QT3c=w1024 h768 p k
Menggunakan mode long exposure di siang hari
u14DIrd r0EH8mirnv9VndEXfVOCW1WnQE7UY2TRAfrRXBRKHhXjAT6d2jpc88g8VjN CmruGe JldDzFqmzP5PyyOlij n6 MxTbFVwRQFPxf3zq4P9H r2lYaTDzoayiJxQiFfzvM=w1024 h768 p k
Outdoor, malam hari tanpa night mode
o1IH6lzZK3H4k7 ck3qcrx1 KmQptoIUUeYR2K lb4AruoTvGHTZoSXXKfeuELLKZ3jiHpC 04vnbLdYejw4u1dcMndnMylsmg08rHIT0ldvjuNdcIAUTQbq1jIsE9SxAN28T16HBOQ=w1024 h768 p k
Dengan night mode, detail rumput dan pohon jadi lebih tajam
r2SWdilrTWEOqVRX9jlegi7cVmUJ9uoMpZK5PLLFHjxOgkWRkoQWalWhf19joUlxuv38waokOfvFm811wSqn2ce UobYgOkjJ5XbtxCLNmKW30thhsgcgDT7kXNg98F 7Z DhIqYmhs=w1024 h768 p k
Menggabungkan mode long exposure dan filter malam, diambil 20 detik tanpa tripod
AFwv74wlyCYat9YTGK5YmBlK4wsxQDj AYGOB6PTRdDMKxJ vInHKHITVh9v1fOgJy3EheFd7ru3IOs0nvR80excCWTkLFZPnzMdfdxqTUKpTryjhwjmxsc C qoFW1 qvM5RVY53iY=w1024 h768 p k
Dimensi sensor besar membuat foto tetap tajam sekaligus berikan efek blur natural tanpa mode portrait
Nh3NOWrgHYJiJV4bIOcvCkcC6JHO4HSRodQg 9O9oOAsz6vINGQki7jgniIF7AAB5cAFBaOcnEt1 F2kb4sULiSYtScZqBk2EDJem8wWRdpAoJQ1cl1ncyePA2A13Gi72AfddKh2alQ=w1024 h768 p k
Menggunakan kamera depan, outdoor malam hari

Foto malam minim noise juga dihasilkan berkat algoritma AI Noise Reduction 3.0, yang secara otomatis bisa mendeteksi beragam jenis dan ukuran noise saat foto ditangkap. Saat merekam video, realme 9 Pro+ gabungkan stabilisasi OIS & EIS hingga resolusi 1080p. Sementara ketika merekam video resolusi 4K 30fps, OIS dari sensor masih bisa membantu agar footage video tidak terlalu goyah.

Mode manual untuk pengambilan foto dan video pun tersedia, dan pengguna bebas memilih ingin gunakan sensor utama maupun ultra-wide. Mode lain seperti Starry Mode dan Dual View Video juga masih diberikan sebagai opsi tambahan, membuat smartphone ini punya fitur kamera yang sangat lengkap.

Fitur

heart rate monitor realme 9 Pro+

Secara bawaan, realme 9 Pro+ sudah menjalankan Android 12 terbaru dengan tampilan antarmuka realme UI 3.0. Pilihan personalisasi tampilannya sangat banyak, mulai dari always-on display dari siluet foto, sampai wallpaper berbasis AI. Namun yang saya paling suka adalah sektor audionya, berkualitas dan lengkap.

Lengkap karena realme masih menyematkan jack audio 3,5mm pada bodi bawahnya, sehingga masih bisa menggunakan earphone kabel favorit. Untuk kualitas, speaker stereonya tergolong lantang dan detail. Sementara X-axis linear motornya benar-benar setara flagship, berikan getaran yang presisi ketika menjelajah aplikasi maupun mengetik lewat keyboard virtual.

Intensitas dan jenis getarannya sendiri bisa diubah lewat menu O-Haptics. Fitur lain seperti NFC tentu juga hadir memudahkan pengecekan & pengisian saldo kartu e-money. Flexible Windows tingkatkan pengalaman multitasking dengan membuka jendela kecil di atas aplikasi lain, dan one-handed mode memudahkan penggunaan dengan satu tangan.

Performa

realme 9 Pro+ - benchmark
Skor benchmark dari Antutu v9 (kiri) dan Geekbench 5 (kanan)

Untuk hadirkan dukungan jaringan 5G plus performa yang kencang, realme 9 Pro+ menggunakan salah satu chipset terbaru dari MediaTek. Yakni seri Dimensity 920 5G, dengan fabrikasi 6nm dan cip inti Cortex-A78 yang punya clock speed mencapai 2,5GHz. Plus GPU Mali-G68 yang mampu mengakomodir kebutuhan gaming.

Dipasangkan dengan RAM 8GB plus ekstra virtual RAM sampai 5GB, kecepatan buka tutup aplikasi plus multitasking bisa dilakukan secara cepat tanpa lag maupun stutter. Suhu bodi pun relatif terjaga, berkat penggunaan sistem pendingin berbasis hardware yaitu Vapor Chamber Cooling System. Diklaim bisa mengurangi temperature sampai 10 derajat Celsius di area inti.

Menariknya, realme 9 Pro+ yang ditawarkan di Shopee hadir dengan opsi penyimpanan internal yang sangat luas, mulai 128GB hingga 256GB. Bila dirasa kurang, bisa ditambahkan kartu microSD lewat triple slot SIM card. Plus mendukung jaringan 5G dan Wi-Fi 6 untuk performa internet tercepat.

Baterai

Meski bodinya punya dimensi lebih tipis dan ringan, realme masih bisa menyematkan dua baterai dengan total kapasitas 4,500 mAh pada realme 9 Pro+. Dipadukan dengan chipset yang hemat daya, penggunaan standar tentu memadai hingga satu hari penuh.

Bila lebih intensif dengan mengaktifkan always-on display dan akses kamera intensif, setidaknya bisa bertahan hingga malam hari. Sementara screen-on time rata-rata 4 – 4,5 jam, tidak spesial, namun tidak buruk juga. Setidaknya proses pengisian dayanya sangat cepat, dengan dukungan 60W SuperDart Charge.

Sesuai klaimnya, mengisi daya dari habis sampai 50% hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit, sementara hingga penuh kira-kira sekitar 40 menit. Yang cukup menyenangkan, pengguna realme Book hanya perlu membawa satu charger saja untuk mengisi dua perangkat secara instan. Menjadi benefit memiliki ekosistem perangkat realme.

Kesimpulan

Kelengkapan realme 9 Pro+

Mencari smartphone kelas menengah harga Rp4 jutaan dengan kamera terbaik? Maka realme 9 Pro+ bisa jadi opsi terbaik saat ini. Kombinasi sensor flagship dengan algoritma software yang optimal membuatnya bisa mengambil gambar dan video setara flagship dengan harga jual jauh lebih tinggi.

Ditambah dengan mode pengambilan gambar yang lengkap, memudahkan kreator konten untuk tangkap momen di malam hari. Tak hanya itu, desain smartphone ini juga berbeda dari yang lain, diimbangi dengan performa kencang dan dukungan jaringan 5G. Menjadikan realme 9 Pro+ sebagai smartphone yang future-proof di kelasnya.


Beli realme 9 Pro+ di e-commerce:

SHOPEE

Spesifikasi realme 9 Pro+

realme 9 Pro+
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General

Device Type Smartphone
Model / Series realme 9 Pro+
Released 16 Februari, 2022
Status Available
Price Rp4.x99.000 (8GB/128GB), Rp4.x99.000 (8GB/256GB)

Platform

Chipset MediaTek Dimensity 920 5G (6nm)
CPU Octa-core (2×2.5 GHz Cortex-A78 & 6×2 GHz Cortex-A55)
GPU ARM Mali-G68 MC4
RAM (Memory) 8 GB (LPDDR4x)
Storage 128/256 GB (UFS 2.2)
External Storage microSD (dedicated slot)
Operating System Android 12
User Interface realme UI 3.0

Design

Dimensions 160.2 x 73.3 x 7.99 mm
Weight 182 gram
Design Features Warna: Sunrise Blue, Aurora Green
Light Shift Design
Glass front (Gorilla Glass 5), Polycarbonate (back & side)
Battery 4,500 mAh
60W SuperDART Charge

Display

Screen Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors, 60Hz refresh rate
Size and Resolution 6.4 inch, 2400×1080
Touch Screen Yes
Features 409 PPI
Corning Gorilla Glass 5
90Hz refresh rate
360Hz touch sampling rate
1,000 nits max brightness
In-display fingerprint scanner w/ heart rate detection

Network

Network Frequency GSM, WCDMA, TD-LTE, FDD-LTE
GSM: 850/900/1800/1900MHz WCDMA: Bands 1/5/8 FDD-LTE: Bands 1/3/5/8 TD-LTE: Bands 38/40/41
5G
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed 5G

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 50MP f/1.8 Sony IMX766 w/ OIS, 8MP f/2.2 ultra wide-angle, 2MP Macro Lens (4cm)
Front 16MP f/2.5, 1/3.0″, 1.0um
Flash Yes
Video 4K, 30fps; 1080P, 30/60fps; 720P, 30/60/960fps; EIS
Camera Features AI Beauty
UIS Video Stabilization
Video Bokeh
AI Scene Detection
Ultra Nightscape
Starry Mode
Expert Mode
Portrait Mode
HDR
Pro mode
Movie mode
Tilt Shift
Timelapse tilt-shift
Starry time-lapse video
Dual View Video
Stree Photography Mode 2.0

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 6
Bluetooth v5.1, A2DP, LE
USB USB Type C
GPS GPS, aGPS, GLONASS, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features – MP4/H.264/FLAC player
– MP3/eAAC+/WAV player
– Document viewer
– Photo viewer/editor
FM Radio Yes
Web Browser HTML5
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Sensors Magnetic Induction Sensor / Light Sensor / Proximity Sensor / Gyro-meter / Acceleration Sensor
Other Kelengkapan:
realme 9 Pro+
65W SuperDart Charger
USB Type-C Cable
Protect Case
SIM Card Tool
Important Info Booklet with Warranty Card

Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan realme Indonesia

86% Kamera Jagoan

Review realme 9 Pro+

Selain desain yang lebih segar, kamera realme 9 Pro+ benar-benar andal dalam berbagai kondisi pencahayaan, terutama low-light.

  • Design

  • Display

  • Camera

  • Features

  • Performance

  • Battery

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *