4 Tahapan Cara Mundur Mobil Manual, Beda dari Matic, lho!

Suara.com – Sebagian dari Anda mungkin hingga saat ini memiliki keinginan untuk belajar menyetir mobil. Sangat dianjurkan dalam belajar menyetir, memulainya dengan mobil tipe manual. Nah, salah satu hal paling mendasar yang bisa dipelajari adalah cara mundur mobil manual.

Mengapa hal ini penting?

Sebab dalam praktek mengendarai mobil, Anda wajib bisa memundurkan mobil secara baik agar bisa mendapatkan tempat parkir. Di lain skenario, memundurkan mobil manual juga bisa melatih insting Anda pada banyak kondisi yang berguna.

Nah untuk mengetahuinya, berikut cara mundur mobil manual yang bisa Anda jadikan acuan.

Baca Juga: Bolehkah Mengganti Ban Mobil Berbagai Merek untuk Satu Kendaraan?

Cara Mundur Mobil Manual

Kunci dari cara mundur mobil manual adalah fokus pada pedal kopling dan terus memperhatikan bagian spion.

1. Cermat Pedal Kopling Anda

Injak pedal kopling dengan baik, sampai pada titik dimana Anda bisa memindahkan gigi ke gigi mundur. Menginjak pedal kopling wajib diperhatikan agar tidak terjadi kerusakan roda gigi saat gigi dipindahkan.

2. Pindahkan Tuas Persneling Ke Gigi Mundur

Baca Juga: Ekspor Toyota Fortuner Made in Karawang ke Australia Buktikan Kualitas Orang Indonesia

Setelah kopling diinjak, selanjutnya pindahkan tuas persneling hingga ke arah gigi mundur. Pada berbagai mobil manual, posisinya bisa berbeda. Namun biasanya akan terletak di deretan gigi paling ujung kiri. Cermat juga posisi persneling karena setiap mobil memiliki pengaturan dan format gigi berbeda.

3. Lepaskan Pedal Kopling Perlahan

Posisi mobil sudah siap untuk mundur. Perlahan, lepaskan pedal kopling mobil Anda sambil melihat dengan cermat spion kiri, kanan, dan tengah. Tujuannya sederhana, agar Anda bisa mundur dengan hati-hati dan tidak menabrak apapun. Pastikan bagian belakang mobil aman dan tidak ada halangan apapun.

Seiring melepaskan pedal kopling ini, Anda juga bisa sedikit menekan pedal gas. Hal ini agar mobil tidak mengalami mati mesin karena kurangnya gas yang masuk saat kopling dilepaskan.

4. Injak Gas Perlahan, Mundurkan dengan Hati-Hati

Seperti yang disampaikan pada poin ketiga tadi, injak gas perlahan agar mobil tidak mati. Di waktu yang sama, ini akan memberikan tenaga untuk mobil melaju ke belakang pada kecepatan yang terkendali, sehingga Anda bisa mundur dengan benar.

Itu tadi cara mundur mobil manual yang bisa Anda jadikan acuan. Tentu saja, akan lebih jelas jika Anda langsung mempraktekkannya bersama pelatih yang sudah kompeten, sehingga mendapatkan arahan yang benar-benar tepat

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.