NasDem Ingin Komisioner KPU Kuasai 2 Hal Ini

Yogyakarta: Proses seleksi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2022-2027 masih berlangsung di Komisi II DPR RI. Tahapan fit and proper test digelar pada tanggal 14-17 Februari 2022. 
 
Fraksi NasDem mengatakan anggota KPU harus menguasai lapangan (empiris) dan akademis. Perpaduan dua hal itu akan membentuk penyelenggara pemilu berintegritas dan berkualitas.
 
“Sosok ideal calon komisioner KPU adalah dia yang menguasai lapangan dan bernalar akademis. Dua kemampuan ini akan membawa Pemilu 2024 lebih berkualitas,” kata Anggota Komisi II F-NasDem Subardi dalam keterangan tertulis, Selasa, 15 Februari 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Subardi menyatakan kemampuan empiris dan akademis mutlak dibutuhkan untuk menjawab tantangan Pemilu 2024. Kemampuan empiris dari seorang komisioner akan mencegah potensi kekacauan. Begitu halnya dengan nalar akademis. 
 
Menurut dia, solusi maupun tawaran yang dihadirkan pun akan berbasis aturan, baik secara praktis maupun teoritis. Di sisi lain, di era digital sekarang publik akan mengawasi pemilu sehingga prosesnya harus transparan.
 
“Era digital harus mampu menyederhanakan dan mempercepat proses pemilu. Maka, penguasaan lapangan akan memudahkan pemetaan solusinya,” kata dia. 
 
Baca: Komisi II Ingin Komsioner KPU Berkemampuan Manajemen Pemilu
 
Subardi mengungkankan adanya sejumlah kekacauan pada Pemilu 2019 lalu, seperti carut-marut data pemilih, sengketa perhitungan suara, polarisasi politik di masyarakat, hingga ratusan petugas TPS meninggal dunia karena kelelehan. Persoalan ini, Subardi melanjutkan, tidak boleh terulang lagi pada Pemilu 2024.
 
“Masalah teknis dan kekacauan pada 2019 itu wilayah KPU sebagai penyelenggara. Harapan seluruh masyarakat adalah hadirnya komisioner yang tangguh, mampu memetakan masalah hingga ke TPS,” katanya. 
 
Terdapat 14 calon anggota KPU dan akan terpilih tujuh orang. Selain itu, ada 10 calon anggota Bawaslu dengan lima orang akan dipilih. Komisi II DPR bersama KPU dan Kemendagri telah memutuskan Pemilu Serentak 2024 digelar pada tanggal 14 Februari dan Pilkada Serentak pada tanggal 27 November.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.