Jokowi Ingatkan Produsen Ekspor Menjaga Kualitas

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas ekspor dua juta unit mobil produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Selasa, 15 Februari 2022. Jokowi meminta perusahaan yang berorientasi ekspor, terutama otomotif, terus menjaga dan meningkatkan kualitas demi bisa bersaing di pasar global.
 
“Hati-hati, ekspor itu berkompetisi dengan produk-produk lain dari negara-negara produsen mobil. Bukan hanya kita sendirian di pasar,” ujar Jokowi di Karawang, Jawa Barat, Selasa, 15 Februari 2022.
 
Jokowi menyebut dengan menawarkan produk yang semakin baik, pasar akan semakin menyukai. Sehingga, peluang menambah angka penjualan di masa mendatang semakin terbuka lebar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Produk ekspor yang memiliki kualitas juga akan membuktikan bahwa sumber daya manusia Indonesia memiliki kualifikasi yang baik di dalam memproduksi mobil,” tutur mantan wali kota Solo itu.
 
Kepala Negara mengungkapkan keberhasilan Toyota Motor Manufacturing Indonesia dalam menjual mobil ke sejumlah negara membuktikan bahwa pandemi covid-19 tidak menyurutkan kinerja perusahaan terus berkembang. Pandemi justru membuka kesempatan untuk mengambil peluang yang ada.
 
Baca: Indonesia Tegaskan Komitmen Menjaga Laut kepada Dunia
 
Jokowi menyebut Toyota merupakan salah satu korporasi yang bisa adaptasi cepat pada masa-masa sulit. Hal ini yang membuat Toyota mampu memasok mobil ke Australia untuk pertama kalinya. Perusahaan tersebut bisa mengambil tempat para kompetitor yang tidak sigap mengantisipasi pandemi.
 
“Toyota bisa mengambil pasar-pasar baru, salah satunya dengan ekspor perdana ke Australia,” papar Jokowi.
 
Selain ke Negeri Kangguru, kendaraan-kendaraan roda empat Toyota juga dikirim ke Filipina dan Jepang yang telah menjadi negara langganan korporasi. Hingga saat ini, Indonesia telah mengekspor otomotif ke hampir 80 negara di empat benua.
 
Jokowi mengaku senang karena tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sudah lebih dari 75 persen. Banyak komponen, sparepart dan aksesoris yang ada dalam mobil disuplai dari industri usaha kecil menengah (UKM). 
 
“Ini juga sangat baik untuk menghidupkan usaha-usaha kecil yang ada di negara kita,” ucap Jokowi.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.