Diingatkan Keterwakilan Perempuan pada Calon Anggota KPU-Bawaslu, Ini Respons Komisi II

Jakarta: Ketua Komisi II Ahamd Doli Kurnia mengatakan belum mengetahui jumlah keterwakilan perempuan dalam struktur anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027. Sebab, uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test baru dimulai.
 
“Pada akhirnya kita lihat kualitasnya itu yang paling penting,” ujar Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 14 Februari 2022.
 
Doli menjelaskan Komisi II telah menyerap aspirasi perempuan melalui kelompok masyarakat. Seperti Maju Perempuan Indonesia (MPI), Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPU), Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI), dan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Jadi ya selama ini kita berupaya untuk mengakomodasi itu (suara perempuan),” terang dia.
 
Baca: Komisi II Bantah Siapkan Nama Anggota Terpilih KPU-Bawaslu
 
Sebelumnya, Komisi II diingatkan untuk memenuhi keterwakilan 30 persen perempuan dalam memilih calon anggota KPU dan Bawaslu. Hal tersebut merupakan amanat Pasal 10 Ayat (7) dan Pasal 92 Ayat (11) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.
 
“Mengingat proses seleksi akhir ada di DPR RI, maka sangat penting untuk menghadirkan spirit komitmen dan political will dari Komisi II DPR RI untuk memastikan keterpilihan lebih banyak perempuan di KPU dan Bawaslu,” ujar Wakil Direktur Pusat Kajian Politik (Puskapol) Universitas Indonesia, Hurriyah, dalam konferensi pers daring, Minggu, 13 Februari 2022.
 
Pernyataan Hurriyah tersebut mewakili koalisi akademisi lainnya yang berasal dari Pusat Studi Konstitusi Universitas Andalas, Departemen Politik dan Pemerintahan Universitas Gadjah Mada, Pusat Studi Kepemiluan Universitas Sam Ratulangi, dan STH Indonesia Jentera. Hurriyah menyebut pelaksanaan fit and proper test di DPR sebagai momentum krusial dan strategis untuk memastikan komposisi penyelenggara pemilu yang didasari pada prinsip inklusivitas dan mengedepankan kesetaraan gender.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.