Seniman Amerika Serikat Sondra Perry Menangkan Rolls-Royce Art Programme dan Pamerkan Karya di Swiss

Suara.com – Muse adalah nama dari Rolls-Royce Art Programme yang hadir sejak 2014 dan menampilkan karya para seniman kelas dunia di berbagai ruang pamer eksklusif pilihan Rolls-Royce Motor Cars.

Berdasar rilis resmi Rolls-Royce Motor Cars sebagaimana dikutip Suara.com, tahun ini Muse mempersembahkan karya seni perdana yang dibuat untuk Dream Commission oleh seniman gambar bergerak Sondra Perry. Lokasinya di Fondation Beyeler, Swiss, berlangsung 13 Februari – 13 Maret 2022, dan pameran diberi tajuk “Lineage for a Phantom Zone”.

Gaya Sondra Perry membawakan karyanya dalam bentuk instalasi audio-visual [Rolls-Royce Motor Cars].
Sondra Perry membawakan karyanya dalam bentuk instalasi audio-visual [Rolls-Royce Motor Cars].

Seni gambar bergerak termasuk film eksperimental, animasi, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) dan Augmented Reality (AR) dan virtual berkembang pesat.  Dari asal-usulnya di 1960-an, seni gambar bergerak telah berkembang menjadi media yang sangat canggih, sering kali menggunakan data dan AI untuk menghasilkan visualisasi  kompleks.

"Lineage for a Phantom Zone' adalah instalasi audio-visual yang mengeksplorasi sejarah pribadi Sondra Perry melalui lensa mimpi, serta ide memori, garis keturunan, dan kerinduan [Rolls-Royce Motor Cars].
“Lineage for a Phantom Zone’ adalah instalasi audio-visual yang mengeksplorasi sejarah pribadi Sondra Perry melalui lensa mimpi, serta ide memori, garis keturunan, dan kerinduan [Rolls-Royce Motor Cars].

Pandemi COVID-19  dan meningkatnya dominasi kehadiran digital telah membuat gambar bergerak semakin relevan di masa sekarang. Dan Rolls-Royce bersama  Dream Commission berada di garis depan untuk memberikan dukungan pada seniman di bidang ini, menyediakan platform untuk karya seni gambar bergerak baru yang akan dibuat dan dipamerkan.

Baca Juga: Rolls-Royce Desain Ulang Maskot untuk Mobil Listrik Spectre All-Electric

Inovasi yang terjadi dalam seni gambar bergerak mencerminkan visi Rolls-Royce untuk mendorong batasan teknis dan konseptual. Gambar bergerak berfungsi sebagai media ideal bagi seniman untuk menjelajahi wilayah estetika mimpi, serta diwadahi dalam Dream Commission.

Karya Sondra Perry bertajuk "Lineage for a Phantom Zone' [Rolls-Royce Motor Cars].
Karya Sondra Perry bertajuk “Lineage for a Phantom Zone’ [Rolls-Royce Motor Cars].

Sondra Perry adalah seniman gambar bergerak yang dipilih para juri sebagai pemenang Dream Commission pada Mei 2021 dari empat seniman gambar bergerak yang menjadi kandidat.

“Lineage for a Phantom Zone” adalah instalasi audio-visual yang mengeksplorasi sejarah pribadi Sondra Perry melalui lensa mimpi, serta ide memori, garis keturunan, dan kerinduan. Pameran akan mencakup elemen disorientasi dan sensorik, membenamkan pemirsa dan membangkitkan pengalaman bermimpi.

Dream Commission 2022 dihidupkan dalam kemitraan dengan Fondation Beyeler, Basel dan Serpentine, London. Sebagai lanjutan dari presentasi perdananya di Fondation Beyeler dari 13 Februari – 13 Maret 2022, “Lineage for a Phantom Zone” akan dipresentasikan di Serpentine pada 2023.

Baca Juga: Spirit of Ecstasy Challenge, Kompetisi Ciptakan Karya dengan Inspirasi Rolls-Royce

“Atas nama Rolls-Royce, saya mengucapkan selamat kepada Sondra Perry atas kemenangan ini, dan kami berharap dapat membagikan instalasinya kepada pemirsa tahun ini,” sambut Torsten Muller-Otvos, Chief Executive Officer, Rolls-Royce Motor Cars.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.