Polandia Antisipasi Gelombang Pengungsi Ukraina

Warsawa: Pemerintah Polandia tengah mempersiapkan diri dalam menghadapi kemungkinan terjadinya gelombang pengungsi dari Ukraina. Hal tersebut bisa saja terjadi jika Rusia pada akhirnya memutuskan menginvasi Ukraina.
 
Dilansir dari Euronews, Senin, 14 Februari 2022, Menteri Dalam Negeri Polandia Mariusz Kaminski mengatakan bahwa negaranya sedang mempersiapkan “berbagai skenario,” namun berharap yang terburuk dapat dihindarkan atau tidak pernah terjadi.
 
Polandia adalah negara terbesar Uni Eropa yang berbatasan dengan Ukraina. Sejauh ini, Polandia masih tetap menjaga operasional misi diplomatiknya di ibu kota Ukraina, Kiev. Jika Rusia menginvasi Ukraina, para staf diplomatik Polandia di Kiev akan memfasilitasi skema evakuasi besar-besaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dalam beberapa tahun terakhir, Polandia telah menyambut kedatangan pengungsi Ukraina dalam jumlah yang cukup besar, terutama setelah Rusia menganeksasi Krimea pada 2014.
 
“Kami sedang membuat rencana untuk menerima pengungsi (Ukraina),” tutur Deputi Menteri Luar Negeri Polandia Marcin Przydacz kepada Radio Plus.
 
“Jika skenario terburuk terjadi, jumlah pengungsinya tidak akan berada di kisaran ratusan ribu,, tapi lebih dari itu,” sambungnya.
 
Ia menambahkan bahwa Kemendagri Polandia telah mempersiapkan “berbagai skenario internal dan rencana infrastruktur” dalam beberapa pekan terakhir.
 
Rencana infrastruktur Polandia meliputi penampungan sementara pengungsi di hotel-hotel kecil, asrama, stadion olahraga, dan berbagai bangunan lainnya.
 
Baca:  Polandia Pasok Senjata Dukung Ukraina Hadapi Intervensi Rusia
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.