Sosiologi UI Buka Peluang Mahasiswa S1 Jadi Peneliti

Jakarta: Universitas Indonesia (UI) terus berkomitmen menjalankan kebijakan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Salah satunya, membuka peluang bagi mahasiswa jenjang sarjana menjadi peneliti.
 
Mahasiswa dapat membangun cara berpikir kritis melalui kegiatan penelitian di Lembaga Riset/pusat studi. Hal ini sangat dibutuhkan untuk berbagai rumpun keilmuan pada jenjang pendidikan tinggi.
 
Program Studi (Prodi) Sarjana Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI memiliki program E-Sociology of Digital Governance and Economy (ESDGE). Yaitu program MBKM jenis riset yang mengutamakan pada penajaman capaian lulusan sebagai peneliti, data scientist, digital analysis, dan start up business builder.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Ini adalah sebuah program MBKM Riset yang diselenggarakan dengan bobot 20 Satuan Kredit Semester (SKS). ESDGE merupakan rintisan dari perguruan tinggi yang tervalidasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sesuai dengan Kepmendikbudristekdikti Nomor 74/2021,” ujar Ketua Pelaksana Harian ESDGE Nadia Yovani dalam keterangan tertulis.
 
Nadia menyebut untuk mempersiapkan program ini, tim pengembang Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM) E-Governance telah melaksanakan berbagai pelatihan, workshop sejak Juli 2021. Kemudian, tim melaksanakan pembukaan dan pembekalan peserta ESDGE pada September 2021.
 
Dia menuturkan pada 2019, kurikulum sarjana Sosiologi sudah berubah ke industri 4.0 dan ditekankan pada kurikulum OBE (Outcome-Based Education) pada 2020. Sehingga dibentuk program ESDGE untuk Rumpun Sosial Humaniora.
 
“Dan diharapkan program ini dapat menyelesaikan masalah dalam masyarakat (aspek economy and governance),” ujar Nadia.
 

 

Halaman Selanjutnya
Ketua Tim ESDGE Prof Sudarsono…

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.