Mengenal Bakteri Penyebab Tukak Lambung, Bisa Timbulkan Kanker Lambung

Jakarta: Tukak lambung merupakan salah satu penyakit yang cukup sering ditemui di masyarakat. Jika tidak diobati dengan baik, tukak lambung tersebut bisa menyebabkan kondisi yang membahayakan. Bahkan bisa juga menyebabkan kanker lambung.

“Helicobacter pylori (H. pylori) diketahui sebagai penyebab utama tukak atau luka di lambung, bakteri tersebut terdapat di mukosa lambung dan juga banyak ditemukan pada permukaan epitel di antrum lambung,” ujar Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, Dokter Spesialis Gastroenterologi di FKUI-RSCM dalam Virtual Media Briefing.   

Prof. Ari menambahkan, H. pylori dapat bertahan dalam suasana asam di lambung, kemudian terjadi penetrasi terhadap mukosa lambung. Pada akhirnya H. pylori berkolonisasi di lambung.

“Banyak perhatian terfokus pada kemungkinan hubungan antara infeksi H.pylori dan GERD, dalam beberapa manifestasinya (Esofagitis dan Barret’s esophagus),” ujar Prof. Ari.

Selain itu, H.pylori juga sering menyebabkan gastritis atau radang lambung. Jadi, harus diwaspadai untuk penderita gastritis kronis atau yang sudah lama, apakah ada infeksi H.pylori dan sebaiknya melakukan pemeriksaan.

“Memang H. pylori juga sudah diketahui dapat menyebabkan kanker lambung,” kata Prof. Ari.

Gejala yang timbul jika mengalami tukak lambung pada umumnya adalah:

– Nyeri/sensasi panas/terbakar di dada (heartburn).
– Mulut terasa pahit.
– Kesulitan dalam menelan.
– Bau mulut.
– Mual, muntah.
– Terasa sakit di kerongkongan

“Untuk gastritis dan tukak lambung yang disebabkan oleh H. pylori, pengobatannya yaitu dengan eradikasi atau membunuh kuman tersebut dengan menggunakan kombinasi antara antibiotik dan penekan asam lambung,” jelas Prof. Ari.

Dengan perkembangan teknologi, saat ini juga sudah tersedia Vonoprazan yang merupakan obat penekan asam lambung. Ini merupakan obat pertama yang tersedia di Indonesia dari kelas Potassium-Competitive Acid Bloker (PCAB) yang digunakan sebagai terapi dalam berbagai macam penyakit terkait asam. Contohnya GERD, tukak lambung dan tukak usus halus, dan eradikasi infeksi H. pylori.
(FIR)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.