Jokowi Lobi Prancis Dorong Pencak Silat Masuk Olimpiade 2024

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis, Florence Parly, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 10 Februari 2022. Jokowi meminta dukungan Perancis agar olahraga pencak silat masuk dalam pertandingan ekshibisi Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.
 
“Terima kasih sekali lagi untuk tim Ibu Menteri atas peran dan kerja kerasnya memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Prancis,” ujar Jokowi di Istana Negara, Kamis, 10 Februari 2022. 
 
Di sisi lain, Jokowi menyambut baik penandatanganan beberapa nota kesepahaman atau MoU kerja sama pertahanan dalam kesempatan itu. Termasuk, dalam hal kerja sama MRO (maintenance, repair, overhaul) yang meliputi pengembangan kapal selam, pengadaan satelit, hingga produksi amunisi kaliber besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: Jokowi Ingin Kerja Sama Pertahanan RI-Prancis Tak Hanya Fokus pada Pembelian Alutsista
 
“Saya harap kerja sama pertahanan tidak hanya terfokus pada pembelian alutsista, namun juga memikirkan pengembangan dan produksi bersama, alih teknologi, serta investasi di bidang industri pertahanan,” kata dia.
 
Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menargetkan pencak silat dapat menjadi salah satu cabang olahraga yang masuk eksibisi Olimpiade 2024 Paris.
 
“Kami mempunyai target bagaimana pencak silat bisa melakukan eksibisi di Olimpiade Paris 2024. Insya Allah kami akan dorong untuk masuk ke cabang eksibisi,” kata Menpora Zainudin Amali dalam temu media virtual, Senin, 12 Oktober 2020.
 
Berbagai langkah demi mewujudkan ambisi tersebut telah dilakukan. Zainudin mengaku sudah berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi agar membantu mengkampanyekan pencak silat ke berbagai negara.

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.