Survei Pilpres, Elektabilitas Prabowo Paling Moncer

Jakarta: Lembaga KedaiKopi merilis survei teranyar elektabilitas calon presiden (capres) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Elektabilitas Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto disebut paling moncer. Sebanyak 18,4 persen dari 1.201 responden memilih Prabowo sebagai jawaban pertanyaan jika pemilihan presiden (pilpres) diadakan hari ini.
 
“Yang pertama ada Pak Prabowo dengan 18,4 persen, kedua ada Pak Ganjar (Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo) 16,3 dan masih ada yang menyebut Pak (Presiden) Joko Widodo 11,5 persen,” kata Direktur Eksekutif KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo, dikutip dari YouTube, Kamis, 10 Februari 2022.
 
Baca: Prabowo Bakal Deklarasi sebagai Capres, Gerindra: Tahun Ini, Insyaallah
 
Alasan responden memilih Prabowo yakni terkait ketegasan. Sebanyak 53,6 responden membuktikan hal tersebut. Sementara itu, Prabowo juga menempati urutan teratas terkait popularitas. Posisinya mengungguli Ganjar Pranowo, Gubernur Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Kalau ditanya responden pernah mengenal tidak nama-nama berikut ini, yang paling dikenal adalah Pak Prabowo Subianto 95,2 persen. Lalu Pak (Wakil Presiden) Maruf Amin lalu nomor tiga Pak Anies,” kata Kunto.
 
Pihaknya juga menanyakan menteri potensial sebagai capres kepada responden. Prabowo menempati urutan pertama dengan 45,2 persen, mengalahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan 28,4 persen, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir dengan 12,1 persen.
 
Survei ini dilakukan periode 17-24 Januari 2022 dengan metode wawancara tatap muka terhadap 1.201 responden yang tersebar di 34 provinsi. Survei memiliki margin of error kurang lebih 2,83 dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.