Pemerintah Diminta Mengubah Mindset Pengguna Internet

Jakarta: Pemerintah diminta mengubah mindset pengguna internet di Indonesia. Sehingga, masyarakat Indonesia tak hanya menjadi konsumen digital.
 
“Mengubah masyarakat dari level konsumen digital menjadi inovator produk digital atau minimal pelaku digital bila jauh untuk menjadi inovator,” ujar Ketua Komite Penyelarasan Teknologi Informasi Komunikasi (KPTIK) Dedi Yudiant melalui keterangan tertulis, Kamis, 10 Februari 2022.
 
Menurut dia, pengubahan mindset itu penting untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang kuat secara digital. Presiden Joko Widodo, kata Dedi, memiliki pekerjaan rumah memberdayakan talenta-talenta digital.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: Nadiem: Membaca Nyaring Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Anak
 
Dedi menyebut banyak generasi emas yang melek digital di desa dan perlu dibina. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika bisa mengelola hal tersebut melalui kebijakan masterplan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang terarah dan jelas.
 
“Agar kita tidak lagi menjadi bangsa konsumen produk digital, tetapi juga mampu menciptakan produk digital yang inovatif atau menjadi pelaku digital yang memiliki literasi digital yang baik,” kata dia.
 
Dedi berharap Presiden Joko Widodo menyelesaikan pekerjaan rumah tersebut. Sehingga, memberikan legasi atau warisan fundamental memajukan dunia digital Indonesia.
 
Di sisi lain, dia ingin pemerintah memberikan dukungan penuh kepada start up di Indonesia. Jangan sampai penjualan start up seakan menjadi budaya.
 
“Sehingga kita kehilangan momentum menghasilkan produk-produk digital yang inovatif yang benar-benar karya anak bangsa,” kata dia.
 
Menyikapi peningkatan literasi digital, Dedi menggagas Warung Kopi Digital (Warkop Digital). Wadah pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) itu hasil kerja sama dengan Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah.
 
Visi Warkop Digital adalah untuk menciptakan SDM yang menguasai perkembangan digital hingga membuka usaha digital di desa-desa dengan langkah sederhana. Program ini nantinya akan menjadi motor penggerak ekonomi digital di pedesaan.
 
Warkop Digital, kata dia, adalah digital hub yang akan menyelaraskan ekonomi desa dan kota. Penyelarasan dilakukan dengan memasarkan komoditas unggulan desa ke kota atau sebaliknya.
 
“Serta menciptakan talenta-talenta digital di desa yang akan menjadi pejuang digital rakyat Indonesia sesungguhnya,” kata dia.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.