Kapolri: Menghadapi Lonjakan Covid-19 Mesti dengan Upaya Maksimal

Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyoroti lonjakan kasus covid-19 dalam beberapa waktu terakhir. Seluruh pihak diminta waspada dan melakukan upaya penanganan secara maksimal.
 
“Walaupun dalam kesempatan ini kita ingatkan masyarakat tak perlu panik. Namun upaya menghadapi lonjakan ini kita harus lakukan dengan maksimal,” kata Sigit melalui keterangan tertulis, Kamis, 10 Februari 2022.
 
Eks Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) itu ingin seluruh pihak berperan melakukan langkah penanggulangan. Di antaranya, memaksimalkan upaya vaksinasi covid-19, terutama bagi kelompok rentan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Tolong ingatkan keluarga, tetangga atau masyarakat yang memiliki usia lansia segera vaksinasi,” ungkap dia 
 
Baca: 11.090 Kasus Covid-19 Terdeteksi di Jakarta Hari Ini
 
Sigit juga meminta bagi masyarakat yang sudah mendapat dosis lengkap vaksin covid-19 segera mengikuti program vaksinasi booster. Terutama, bagi warga yang telah enam bulan lalu disuntik dosis kedua.
 
“Karena ini (vaksin booster) sangat penting sebab kecenderungan setelah enam bulan tingkat imunitas menurun. Jadi mau tak mau harus dilaksanakan vaksin untuk kemudian meningkatkan imunitas,” sebut dia.
 
Sigit meminta masyarakat tak mengendurkan penerapan protokol kesehatan. Kebiasaan menggunakan masker tetap harus menjadi kebiasaan saat menjalani aktivitas selama pandemi covid-19 berlangsung.
 
Pemerintah daerah juga diminta menyiagakan tempat isolasi terpusat. Setiap tempat isolasi terpusat harus disiagakan tenaga kesehatan yang cukup. Sehingga, proses penyembuhan bisa dilakukan dengan baik. 
 
“Ini akan bisa menjadi jauh lebih baik dibanding melaksanakan secara mandiri karena kita agak susah mengontrolnya dan risiko tak terjadi penularan tentunya akan sangat sulit diawasi,” kata Sigit.
 
Sigit mendorong seluruh jajaran kepolisian membantu pengawasan di wilayah yang menerapkan PPKM mikro. Tak hanya keamanan dan penerapan prokes, personel juga diperintahkan membantu memantau kondisi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri.
 
“Cek apakah sudah dapat obat atau belum. Kemudian dikontrol agar kita menjaga laju varian Omicron ini kita kendalikan,” ujar Sigit.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.