Alfa Romeo Tonale, SUV listrik pesaing Audi Q3 dan BMW iX1

Jakarta (ANTARA) – Stellantis meluncurkan kendaraan sport kompak (SUV) Alfa Romeo Tonale yang baru dengan tujuan untuk memperluas pasar premium dan menambah kendaraan listrik.

Dikutip Reuters, Kamis, model baru, yang dinamai dari lintasan Alpine di Italia utara, akan bersaing di segmen yang diisi oleh beberapa mobil premium paling populer di Eropa seperti BMW iX1, Mercedes GLA (EQA), dan Audi Q3.

Produsen mobil terbesar keempat di dunia itu berencana untuk menghabiskan lebih dari 30 miliar euro (34,2 miliar dollar AS) hingga 2025 untuk mengelektrifikasikan jajaran kendaraan dan meningkatkan konten perangkat lunak untuk mengejar para pesaing, termasuk Tesla.

Tonale menyertakan fitur asisten suara Amazon Alexa bawaan. Pemilik akan dapat memilih mobil mereka sebagai tempat pengiriman, memungkinkan kurir untuk membuka kunci pintu dengan aman dan meninggalkan paket di dalam kendaraan.

“Ini menandai langkah ke arah grup kami menjadi perusahaan teknologi,” kata kepala merek Jean-Philippe Imparato saat presentasi web.

Baca juga: SUV listrik GAC Aion LX Plus dijual di China, mampu tempuh 1.008 KM

Baca juga: Ini segmen mobil yang diprediksi akan diminati di 2022

Tonale baru, yang akan dibangun di pabrik Pomigliano Italia dekat Naples, adalah kendaraan listrik pertama Alfa Romeo dan awalnya ditawarkan dalam model hybrid ringan serta model mesin diesel.

Versi hibrida plug-in, dengan jangkauan listrik hingga 80 kilometer, akan tiba akhir tahun ini.

Imparato tidak memberikan perincian tentang kapan versi semua listrik dapat dirilis. Harga penjualan diharapkan akan diumumkan sebelum pesanan dibuka pada bulan April.

Beberapa analis mengatakan merek Alfa Romeo bisa menjadi bagian dari strategi Stellantis di China, pasar mobil terbesar di dunia, di mana ia tertinggal dari sebagian besar pesaing.

Imparato telah menjanjikan rilis model baru untuk Alfa Romeo setiap tahun hingga 2026, dimulai dengan Tonale tahun 2022, mencakup SUV berukuran lebih kecil, diharapkan akan dibangun di Polandia.

Mulai tahun 2027, semua kendaraan baru Alfa Romeo akan serba listrik, katanya.

Stellantis dibentuk tahun lalu melalui penggabungan Fiat Chrysler dan Peugeot PSA, dan merupakan rumah bagi 14 merek, termasuk Jeep, DS dan Lancia di segmen premium dan Maserati di segmen mewah.

Alfa Romeo Tonale baru didasarkan pada arsitektur Fiat Chrysler sebelumnya, sedangkan model Stellantis pertama yang dibangun pada platform bersama baru diharapkan mulai tahun depan.

Baca juga: Hyundai bakal unjuk SUV listrik konsep SEVEN

Baca juga: Genesis luncurkan desain SUV listrik GV60

Baca juga: Mazda perluas lineup SUV, model baru rilis 2022

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.