4 Tips Motor Matic di Turunan, Cara Mengerem Jadi Kunci Biar Tunggangan Tak Lepas Kendali

Suara.com – Banyak orang yang lebih suka mengendarai motor matic. Pasalnya, motor matic mudah untuk digunakan karena tidak ada oper gigi maupun kopling dan oper gigi. Untuk menggunakannya, cukup starter lalu gas. Namun, untuk menggunakan motor matic di jalanan turunan perlu hati-hati. Nah, berikut ini tips motor matic di turunan.

Berbeda dengan motor kopling maupun gigi, menggunakan matic di jalanan turunan tidak bisa sembarangan jika tidak ingin terjadi sesuatu yang fatal.

Nah, bagi yang mengendarai sepeda motor matic, simak berikut ini tips motor matic di turunan yang dilansir dari berbagai sumber.

Ilustrasi motor matic. (pixabay.com)
Ilustrasi motor matic. (pixabay.com)

1. Jangan kosongkan gas

Baca Juga: Harga Honda Beat Street Baru dan Bekas, Mulai dari Rp 12 Jutaan

Motor matic menggunakan sistem persneling otomatis. Oleh karena itu, pastikan jangan langsung mengosongkan gas saat melalui jalanan turunan. Sebab jika persneling dikosongkan akan membuat laju motor matic tak terkendali. Sebaiknya kurangi saja gasnya minimal dengan kecepatan 5-10 km/jam.

2. Posisikan jari-jari tangan di handle rem masing-masing

Saat posisi gas sudah dikurangi, pastikan saat menarik tuas rem atau handle rem menggunakan empat jari. Sebab saat berada di jalan turunan tekanan rem motor sangat kencang, dikhawatirkan jika menggunakan dua jari tidak akan kuat untuk menahan tekanan rem. Sementara jempol harus siap berada di grip gas guna mengatur laju gas. 

3.  Prioritaskan menggunakan rem depan

Saat melalui jalan turunan, usahakan lebih keras menekan handle rem bagian depan dibanding rem belakang. Sebab, rem bagian depan mampu menahan daya laju motor ke arah depan yang mana dayanya lebih besar saat melalui jalan turunan. Sedangkan rem belakang berguna untuk penyeimbang saat di jalan turunan.

Baca Juga: Ingin Punya All-New Honda Vario 160 Livery MotoGP Seperti Skutik Tunggangan Marc Marquez di Paddock Sirkuit Mandalika?

4. Jangan lepas rem saat melewati jalan turunan

Saat melewati jalanan turunan, pastikan jangan lepas rem. Anda bisa lepas rem setelah selesai melalui jalan turunan. Hal ini berguna agar laju motor bisa tetap terkendali. Sebab jika melepas rem saat masih melewati jalan turunan sangat berisiko karena motor matic tak terkendali. 

Demikian informasi mengenai tips motor matic di turunan yang bisa Anda aplikasikan saat melewati jalanan turunan. Semoga informasi ini bermanfaat. Tetap berhati-hati saat berkendara dan selalu utamakan keselamatan ya.

Kontributor : Ulil Azmi

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.