Review ASUS ROG Phone 5s Pro: Penyempurnaan dari yang Terbaik

Hadir belakangan, untuk sempurnakan perangkat dari yang sudah dikenal terbaik untuk gaming. Pertengahan tahun kemarin, tim Gizmologi telah mengulas ROG Phone 5 sebagai smartphone gaming resmi terbaik. Kali ini, ROG Phone 5s Pro hadir dengan peningkatan ‘relatif’.

“Relatif gimana tuh?” Bagi sebagian orang bisa dibilang minor, namun untuk sebagian lainnya yang mungkin benar-benar pro-gamer di smartphone, tergolong signifikan. Perbedaan secara hardware tidak banyak, namun selisihnya bisa sampai Rp9 juta. Selisih yang, kalau dibelikan smartphone sendiri, bisa dapat flagship Android terbaru (meski bukan yang terbaik—you got the point).

Menurut saya, ROG Phone 5s Pro hadir sebagai wujud ambisius dari ASUS agar mereka bisa tetap merajai pasar smartphone gaming, meningkatkan segala sisi yang ada supaya tetap bisa jadi yang terbaik. No doubt, memang yang terbaik. Namun apakah sesuai dengan banderol harganya yang selangit?

Sebelum membaca ulasan ini, pastikan kamu sudah membaca ulasan dari ROG Phone 5 lebih dulu. Banyak yang sudah dibahas di sana tidak saya bahas di sini, karena memang keduanya tergolong identik luar dalam.

Desain

ROG Phone 5s Pro

Sama seperti generasi sebelumnya, singkatnya ROG Phone 5s Pro adalah smartphone bongsor, alias besar dan berat. Kesan gaming-nya sangat dominan, namun di saat yang sama juga terlihat premium dengan lengkungan 3D dan permukaan kaca. Plus adanya layar sekunder pada bodi belakang.

Dengan ketebalan 9,9mm dan bobot 238 gram, tentu ROG Phone 5s Pro bukanlah smartphone yang nyaman digunakan satu tangan atau mudah untuk masuk ke kantong celana semua orang. Tanpa case, bakal terasa cukup licin dan mudah kotor—setidaknya ASUS berikan hard case bawaan dalam paket penjualannya. Tak sekadar identik, aksesori ROG Phone 5 juga kompatibel di sini.

Aksesorinya pun sama, termasuk desain kotaknya yang cukup eksklusif. Bedanya, ROG Phone 5s Pro juga dilengkapi dengan aksesori pendingin eksternal tanpa harus beli. Sudah selayaknya lah ya dengan banderol harganya.

Layar

ROG Phone 5s Pro

Hampir sama persis. Layar ROG Phone 5s Pro sangat memanjakan mata baik untuk gamer, penikmat konten visual, maupun kreator konten. Selain dimensinya lebar di 6,78 inci, panel AMOLED-nya kaya warna dan juga akurat, punya refresh rate maksimum 144Hz, namun kali ini lebih responsif.

Kalau di varian standar punya touch sampling rate 300Hz, varian Pro satu ini meningkat hingga 360Hz, dengan latensi yang lebih tinggi di 24ms saja. Perbedaan nilainya sejatinya sangat kecil, dan dalam penggunaan sehari-hari pun mungkin sulit dibedakan. Tapi tetap perlu diapresiasi, sebagai usaha ASUS hadirkan smartphone gaming terbaik.

ROG Phone 5s Pro

Nah, ROG Phone 5s Pro punya layar sekunder di belakang dengan panel PMOLED. Layar tersebut disebut dengan ROG Vision, yang difungsikan untuk pamer berikan informasi tambahan. Misal, notifikasi, indikator pengisian daya atau penanda ada panggilan masuk. Merasa tidak perlu? Bisa diganti dengan animasi sesuai selera.

Kamera

ROG Phone 5s Pro

Kalau beda chipset, mungkin hasil jepretannya bakal berbeda meski sensor kameranya masih sama. Namun karena chipset yang digunakan di ROG Phone 5s Pro hanya versi yang di-overclock saja, maka sesuai ekspektasi, hasilnya bakal sama. Hal tersebut bukanlah berarti buruk.

Untuk ukuran sebuah smartphone gaming, kamera ROG Phone 5s Pro tergolong sangat bisa diandalkan. Sensor Sony IMX686 64MP yang digunakannya bisa tangkap foto berkualitas di segala kondisi, meski tanpa OIS. Sensor ultra wide-nya pun bisa hasilkan reproduksi warna mendekati sensor utama. Hasil foto dari kamera ROG Phone 5s Pro bisa kamu akses pada album berikut ini.

Stabilisasi EIS-nya pun bekerja cukup optimal meski rekam video hingga resolusi 8K sekalipun—tentunya dengan efek getar khas stabilisasi software yang bakal muncul pada kondisi pencahayaan kurang, ya. Sementara kamera depannya, sayangnya masih sama seperti non-Pro. Di mana wajah tampil sedikit under-exposure, meski detailnya tergolong tinggi.

Performa Gaming

ROG Phone 5s Pro

Apa yang membedakan antara cip Snapdragon 888 & Snapdragon 888+ milik ROG Phone 5s Pro? Adalah clock speed pada inti primernya, alias 1 inti Kryo 680, meningkat dari 2,84GHz menjadi 2,99GHz, alias hampir 3GHz. Selain itu, peningkatan pada AI Engine yang bisa lakukan proses olah data 20% lebih baik hingga 32 TOPS (tera operations per second).

Tak hanya itu, kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang dimiliki ROG Phone 5s Pro terbilang fantastis. Yakni 18GB RAM dan 512GB UFS 3.1. Ya, kapasitas tersebut sepenuhnya hardware, bukan dicapai lewat kombinasi virtual RAM seperti flagship kebanyakan yang sudah hadir.

Skor Antutu ROG Phone 5s Pro

Di kelas ponsel gaming, ROG Phone 5s Pro menurut kami masih punya desain terbaik. Berikan sensasi genggaman yang mantap ketika digunakan bermain game dalam format landscape. Smartphone ini juga dilengkapi dengan speaker stereo yang diletakkan pada bagian depan.

Buat kami suara game cukup jernih dan lantang karena tidak ada bagian grill speaker yang tertutup oleh tangan. Dengan settingan tampilan grafis tinggi dan refresh rate 60fps diaktifkan, nyaris bermain game apa pun di smartphone ini akan tetap smooth dengan tampilan yang tajam.

Sayangnya, dalam beberapa pengujian game ponsel ini terasa cukup panas. Bahkan terkesan hangat di permukaan belakangnya—jika dilihat dalam Armoury Crate, suhu temperature ponsel naik menjadi sekitar 113 derajat Fahrenheit seiring berjalannya game. ASUS pun menyertakan aksesoris berupa Aero Active Cooler untuk menurunkan suhu panas di permukaan ponsel.

Jadi, saat memasang cooler panas di permukaan belakang ponsel mulai menurun kendati tidak terlalu drastis. Sekadar informasi, ROG Phone 5s Pro masih mengandalkan sistem pendingin berupa teknologi GameCool 5 yang memastikan panas dari CPU ditransfer ke semua tepi dan sudut sasis secara bersamaan.

Ada pula ruang uap 3D dan lembaran grafit yang luas, untuk membantu menyebarkan panas secara merata ke seluruh perangkat sehingga mengurangi penumpukan panas di tengah.  Hal ini yang kami yakini membuat suhu permukaan smartphone jadi terasa menghangat Meski begitu peningkatan suhu tiap kali bermain tidak terlalu signifikan dan smartphone masih tetap terasa nyaman digenggam.

ROG Phone 5s Pro - PUBGM

Kami coba bermain game COD Mobile dan memilih setting grafis rata kanan, dan game bisa berjalan stabil di kisaran 58-60fps. Kalau Anda ingin menaikkan grafis ke Medium atau High pun sebenarnya tidak masalah. Setting Ultra pun bisa, tapi sesekali akan ada frame drop ke kisaran 40-an fps.

Tidak lengkap rasanya jika belum menguji Genshin Impact yang dikenal sebagai salah satu game dengan tuntutan grafis paling tinggi di smartphone. Karena mengincar gameplay yang stabil, dipilih pengaturan grafis Menengah dengan mode 60 fps aktif. Hasilnya, ROG Phone 5s Pro mampu menjalankan Genshin Impact dengan lancar di kisaran 55-60 fps.

Alasan untuk enggan memilih setting grafis yang lebih tinggi adalah suhu. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, lonjakan suhu pada ROG Phone 5s Pro ketika memainkan Genshin Impact terasa cukup mengganggu. Smartphone jadi agak panas dan tidak nyaman digenggam.

Baterai

ROG Phone 5s Pro masih memiliki kapasitas baterai sama, yakni 6,000 mAh. Dengan chipset yang lebih ngebut plus adanya layar sekunder di belakang, tentu saya pesimis daya tahan baterainya bakal bisa menyamai varian standar. Nyatanya, kurang lebih masih sama, alias juara untuk sebuah flagship.

Bedanya, di smartphone ini pengguna tak bisa menyalakan ROG Vision 24/7, alias hanya bisa diatur ketika layar depan menyala (atau ada panggilan masuk). Pengisian dayanya pun masih membutuhkan waktu sekitar 60 menit saja, tergolong cepat untuk kapasitas baterai yang sangat besar, lewat adapter 65W.

Kesimpulan

Kelengkapan ROG Phone 5s Pro

Jadi kira-kira, siapa target konsumen yang sesuai untuk ASUS ROG Phone 5s Pro? Yang pasti, bagi mereka yang memang gaming banget, mementingkan performa dan fitur penunjang lainnya supaya bisa semakin kompetitif. Untuk opsi resmi, memang tidak ada lawan.

Juga bagi mereka yang mungkin punya budget Rp19 jutaan tapi enggan membeli iPhone terbaru, sementara Galaxy Z Fold3 5G masih terlampau mahal. Bebas, sih, menurut saya smartphone ini pun nyaman digunakan untuk kebutuhan non-gaming. Kembali lagi ke preferensi pribadi masing-masing.


Cek harga ASUS ROG di e-commerce:

Tokopedia Lazada

Spesifikasi ASUS ROG Phone 5s Pro

ROG Phone 5s Pro - APS
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General

Device Type Smartphone
Model / Series Asus ROG Phone 5s Pro
Released 04 Desember, 2021
Status Available
Price Rp18.999.000

Platform

Chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888+ 5G (5 nm)
CPU Octa-core (1×2.99 GHz Kryo 680 & 3×2.42 GHz Kryo 680 & 4×1.80 GHz Kryo 680)
GPU Adreno 660
RAM (Memory) 18GB RAM LPDDR5
Storage 512GB UFS 3.1
Operating System Android 11
User Interface ROG UI

Design

Dimensions 172.8 x 77.3 x 9.9 mm
Weight 238g
Design Features Glass front (Gorilla Glass Victus), glass back (Gorilla Glass 3), aluminum frame
RGB light panel (dot-matrix)
Pressure sensitive zones (Air Trigger)
Touch sensor (back), ROG Vision
Battery 6000mAh, fast charging 65W
Reverse charging 10W

Display

Screen Type AMOLED capacitive touchscreen, 1B colors
Size and Resolution 6.78-inch (2448 x 1080)
Touch Screen Capacitive touch panel with 10 points multi-touch
Features 144Hz high refresh rate
1B colours
HDR10+
1200 nits peak brightness
360Hz touch sampling rate

Network

Network Frequency GSM / CDMA / HSPA / LTE / 5G (locked)
SIM Dual nano SIM, dual standby
Data Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (6CA) Cat20 2000/150 Mbps, 5G 4.4 Gbps DL

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.73", 0.8µm, PDAF; 13 MP, f/2.4, 11mm, 125˚ (ultrawide); 5 MP, f/2.0, (macro)
Front 24 MP, f/2.5, 27mm (wide), 0.9µm
Flash LED Flash (rear)
Video [email protected], [email protected]/60/120fps, [email protected]/60/240fps, [email protected]; gyro-EIS
Camera Features Night mode, professional mode (photo + video), HyperSteady Video,

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.2, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive
USB USB Type-C 3.1 (side), USB Type-C 2.0 (bottom), accessory connector, USB On-The-Go
GPS Yes, with dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, GNSS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features Dual stereo speakers w/ built-in amp
ESS DAC
3,5mm jack audio
Web Browser HTML5 (Android Browser)
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Sensors Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
87% Overkill

Review ROG Phone 5s Pro

Dengan beberapa peningkatan hardware, ROG Phone 5s Pro tidak jauh lebih baik dari generasi sebelumnya yang bisa dibilang sudah sempurna.

  • Design

  • Display

  • Camera

  • Features

  • Performance

  • Battery

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.