Puan perkirakan terjadi peningkatan Omicron pekan ketiga Februari

Kepala daerah juga harus bertanggung jawab untuk berpartisipasi membantu melakukan percepatan vaksinasi secara nasional.

Manado (ANTARA) – Ketua DPR-RI, Puan Maharani mengatakan kemungkinan akan terjadi peningkatan kasus varian Omicron pada pekan kedua dan ketiga Februari 2022.

“Sekarang ada varian baru Omicron yang masuk ke Indonesia, jadi kita harus antisipasi, bahwa kemungkinan sesuai laporannya, minggu kedua dan ketiga Februari ini akan terjadi peningkatan,” sebut Puan di Manado, Rabu.

Menurut dia, vaksin sudah mulai diberikan kepada anak kecil, kepada anak sekolah, dan juga masyarakat umum.

“Jadi kita harus sama-sama mendukung program vaksinasi yang diberikan pemerintah, baik vaksin pertama, kedua, dan juga booster, vaksin ketiga,” katanya.

Vaksinasi menurut dia penting, sehingga segera dilakukan percepatan bersama seluruh elemen bangsa dan tidak bisa kemudian hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.

Kepala daerah juga harus bertanggung jawab untuk berpartisipasi membantu melakukan percepatan vaksinasi secara nasional.

Protokol kesehatan lanjut dia, harus dipatuhi apalagi pandemi ini sudah memasuki ke tahun ketiga baik di Indonesia maupun seluruh dunia.

Memang, kata dia, setiap negara punya kebijakan tertentu, tetapi Indonesia punya kebijakan agar masyarakat bisa berdamai dalam artian menyesuaikan diri dengan adanya COVID-19 caranya menjaga protokol kesehatan, menjauhi kerumunan, dan harus vaksin.

“Dengan vaksin walaupun belum tentu tidak terkena, tetapi yang pasti risiko gejala ringanlah. Ini (vaksinasi) buat diri sendiri, keluarga, dan lingkungan kita. Kalau kemudian ada penegakan hukum, saya rasa sampai hari ini menurut saya belum perlu dilakukan,” ujarnya.

Dia berharap dengan kesadaran sendiri berdamai dengan COVID-19, dan menjaga kesehatan mulai dari diri sendiri, memakai masker menjadi penting, serta sering-sering mencuci tangan.

“Itu hal yang harus tetap dilakukan,” ajaknya.
Baca juga: Puan minta berita pers jangan kalah dengan berita-berita hoaks
Baca juga: Ketua DPR tantang mahasiswa lahirkan inovasi membumikan Pancasila
Baca juga: Puan kenang Presiden Pertama RI saat resmikan Monumen Soekarno

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.