Motoran Singkat Bersama All-New Honda Vario 160: Lebih Bongsor Namun Mudah Dikendalikan

Suara.com – PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan All-New Vario 160 sebagai generasi penerus dari model sebelumnya, Honda Vario 150.

Di sela peluncuran skutik terbaru dari Honda ini, tim Suara.com merasakan serunya motoran bersama All-New Vario 160 meski terkendala waktu.

Secara tampilan, berbeda dengan generasi pendahulunya yang memiliki desain lebih ramping, All-New Honda Vario 160 justru terlihat lebih besar layaknya mengendarai sebuah skutik bongsor.

Suara ikut serta dalam test ride All-New Honda Vario 160 [PT AHM].
Suara.com ikut serta dalam test ride All-New Honda Vario 160 [PT AHM].

Selain dari desain bodi yang memang lebih besar, All-New Honda Vario memasang dimensi ban yang lebih besar. Yaitu sudah menggunakan ban depan berukuran 100/80-14 dan belakang 120/70-14.

Baca Juga: Buat Motoran di Paddock MotoGP Sirkuit Mandalika, Ini Tunggangan Marc Marquez dan Pol Espargaro

Meski mendapat upgrade di sejumlah bagian, secara akselerasi lebih mudah dikendalikan. Hal ini dikarenakan All-New Honda Vario sudah menggunakan frame (rangka) eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang sebelumnya juga digunakan pada Genio dan Beat.

Selain itu, posisi berkendara juga terasa lebih nyaman. Sebab bagian dek (pijakan kaki) juga dibuat lebih lapang dari sebelumnya.

Hanya sedikit kekurangan yang dirasa adalah posisi yang setang motor yang terasa masih terlalu rendah, sama seperti Honda Vario 150. Hal ini mungkin akan terasa sedikit kurang nyaman saat harus melakukan perjalanan jarak jauh atau untuk penggunaan harian.

All-New Honda Vario 160 mengusung mesin generasi terbaru dengan kapasitas 160cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan, yang mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,3 kW pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Baca Juga: Rolls-Royce Desain Ulang Maskot untuk Mobil Listrik Spectre All-Electric

All-New Honda Vario 160 dipasarkan dalam dua tipe yaitu CBS dan ABS. Untuk tipe CBS tersedia warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte Red. Sedangkan untuk tipe ABS, pilihannya Active Black, Grande Matte Black, dan Grande White.

PT AHM memasarkan All-New Honda Vario 160 dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp 25.800.000 untuk tipe CBS dan Rp 28.500.000 untuk tipe ABS.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.