Ini Perkiraan Waktu Tercepat Pembalap MotoGP di Sirkuit Mandalika

Jakarta: Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah seri kedua MotoGP 2022, 18-20 Maret 2022. Ini perkiraan waktu tercepat yang bisa diraih para pembalap di Sirkuit Mandalika.
 
Menurut prediksi, basis penghitungan adalah waktu tercepat saat lintasan kering. Acuannya adalah ajang World Superbike (WSBK) yang digelar di Sirkuit Mandalika November 2021 lalu.
 
Saat itu Toprak Razgatlioglu berhasil menorehkan waktu tercepat di sirkuit yang memiliki panjang 4,3 kilometer. Juara WSBK asal Turki itu meraih catatan waktu 1 menit 32,877 detik di babak Supersole (kualifikasi akhir).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Catatan waktu itu didapat dengan kecepatan rata-rata 166,672 kilometer per jam. Dari catatan itu, barulah dicari sirkuit dengan kecepatan serupa yang juga menggelar ajang WSBK dan MotoGP, serta F1 dan WEC (LMP2).
 
Didapatlah satu sirkuit pembanding yakni Portimao di Portugal. Dari data yang ada di Portimao pada musim 2021, kecepatan motor Superbike rata-rata lebih lambat sekitar 1,5 detik dibanding MotoGP.
 
Dengan demikian, perkiraan lap time tercepat di Mandalika untuk MotoGP adalah 1 menit 31,3 detik, dengan kecepatan rata-rata 170,1 kilometer per jam.
 
Semua catatan tersebut tentu untuk pole position hasil dari babak kualifikasi dan dengan kondisi saat lintasan kering.
 
Bila ditambahkan ada toleransi 0,5 hingga 1 detik, MotoGP bisa menembus 1 menit 30 detik bahkan 1 menit 29 detik di sirkuit yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
 
Sementara, sebelum resmi memulai seri MotoGP Mandalika 2022, para pembalap akan terlebih dahulu menjajal sirkuit pada sesi tes pramusim.
 
Menurut jadwal, sesi tes pramusim MotoGP Mandalika akan digelar 11-13 Februari 2022. Marc Maquez Cs pun terlebih dahulu akan melakukan ritual track walk di Mandalika, Kamis 10 Februari 2022 besok.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.