Protes Pembatasan dan Vaksinasi Covid, Ratusan Kendaraan Diparkir di Jalan Raya

Jakarta: Konvoi truk dan karavan memblokade jalan-jalan di dekat parlemen Selandia Baru di Wellington pada Selasa, 8 Februari 2022, untuk memprotes pembatasan dan vaksinasi covid. Protes tersebut terinspirasi oleh demonstrasi serupa di Kanada beberapa waktu yang lalu.

Ditempeli pesan-pesan seperti “kembalikan kebebasan kami” dan “pemaksaan bukan persetujuan”, ratusan kendaraan diparkir di jalan-jalan di sekitar gedung parlemen yang dikenal sebagai The Beehive.

Ratusan lainnya berkendara di sekitar pusat kota dengan membunyikan klakson saat lebih dari 1.000 pengunjuk rasa berjalan kaki sambil mendengarkan orasi.

Warga Wellington Stu Main mengatakan para pengunjuk rasa merasa kekhawatiran mereka tentang hak-hak yang terkikis tidak didengar oleh pemerintah.

“Saya sebenarnya divaksinasi tetapi saya menentang mandat orang untuk divaksinasi,” katanya kepada AFP. “Saya pikir itu memalukan, memaksakan vaksinasi pada orang yang tidak menginginkannya.”

Demonstrasi tetap damai, sementara polisi melaporkan tidak ada penangkapan atau insiden besar.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan dia tidak berniat memasuki diskusi dengan peserta konvoi, dengan alasan bahwa mayoritas warga Selandia Baru telah menunjukkan dukungan mereka untuk program vaksinasi pemerintah.

“Sembilan puluh enam persen warga Selandia Baru telah keluar dan mendapatkan vaksinasi, yang memungkinkan kami untuk hidup sekarang dengan pembatasan yang lebih sedikit karena perlindungan ekstra yang telah diberikan,” katanya kepada Radio Selandia Baru.

Vaksinasi Covid adalah wajib bagi orang yang bekerja di sektor tertentu di Selandia Baru, seperti kesehatan, penegakan hukum, pendidikan, dan pertahanan.

Sistem izin juga berlaku, dengan orang-orang yang diminta menunjukkan bukti vaksinasi untuk memasuki restoran, acara olahraga, dan layanan keagamaan.

Vaksinasi tidak diperlukan untuk transportasi umum, supermarket, sekolah dan mengakses layanan kesehatan.

Penyelenggara konvoi Wellington belum mengatakan berapa lama mereka akan tetap parkir di kota.

Sebelumnya, sebuah “Konvoi Kebebasan” pengemudi truk telah membuat macet ibukota Kanada Ottawa selama lebih dari seminggu, sehingga mendorong pemerintah kota untuk mengumumkan keadaan darurat. AFP PHOTO/Marty Melville/Minas Panagiotakis

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.