Polda Banten Gelar Operasi Protokol Kesehatan

Serang: Kapolda Banten, Irjen Rudy Heriyanto, memerintahkan jajarannya untuk menggelar operasi yustisi penegakan protokol kesehatan di tempat umum. Hal itu bertujuan agar mencegah penyebaran dan lonjakan covid-19 di Provinsi Banten.
 
“Polda bersama Pemprov Banten dan unsur TNI akan melakukan penegakan protokol kesehatan, terutama di tempat keramaian publik seperti mal, pasar, GOR, kantor, gedung pertemuan dan tempat publik lainnya. Masyarakat diharapkan dapat disiplin menjalankan protokol kesehatan,” kata Rudy, Senin, 7 Februari 2022.
 
Baca: Kota Tangerang Kembali Terapkan PPKM Level 3

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Selain operasi yustisi, Rudy menuturkan pihaknya akan melaksanakan operasi masker dengan bertujuan untuk membagi masker dengan pro aktif ke masyarakat, melalui posko-posko masker yang dibuat oleh Polda Banten dan Polres jajaran.
 
“Di tiap posko masker, personel selain proaktif berbagi masker, juga wajib mengedukasi masyarakat tentang penularan virus varian Omicron yang lebih cepat dan terus meningkat,” jelasnya.
 
Rudy menjelaskan menyikapi angka terkonfirmasi covid-19 yang terus meningkat belakangan ini, masyarakat diharapkan tidak panik namun tetap harus waspada.
 
“Pasien yang bergejala ringan dan orang tanpa gejala (OTG) cukup melaksanakan isolasi mandiri atau menggunakan tempat isolasi terpadu, sehingga tidak meningkatkan prosentase hospitality atau BOR rumah sakit,” ungkapnya.
 
Rudy menambahkan pihaknya pun berupaya meningkatkan vaksinasi baik vaksin pertama dan kedua, hingga di atas 70%, termasuk vaksinasi untuk Lansia, vaksin anak usia 6-11 tahun, serta vaksin booster.
 
“Target 70% vaksinasi baik untuk lansia, anak-anak dan booster harus segera tercapai, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk suksesi target ini,” ucap dia.
 
Sementara Polres Metro Tangerang Kota menggelar bebas kerumunan malam atau crowd free night, dengan menutup sejumlah ruas jalan. Terdapat tiga ruas jalan yang ditutup pada pukul 00.00-04.00 WIB dan juga untuk menanggapi diberlakukan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3.
 
“Untuk pembatasan sendiri kita menerapkan crowd free night di tiga ruas, di Benteng Jaya, Kali Pasir, dan Pasar Lama,” kata Kapolres Metro Tangerang, Kombes Komarudin.
 
Komarudin menuturkan crowd free night diterapkan setiap hari atau sampai batas yang belum ditentukan, dengan melihat perkembangan pandemi covid-19.
 
“Setiap hari diterapkan, ini juga sebagai informasi untuk masyarakat guna meminimalisir sebaran Omicron. Jadi, masyarakat tidak perlu panik, kita siap untuk menghadapi situasi yang ada,” jelasnya.
 
 
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.