Ini Hal yang Harus Dipenuhi Agar Sistem Hybrid pada Yamaha Fazzio Bekerja

Suara.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum lama ini merilis Yamaha Fazzio Hybrid – Connected, produk ramah lingkungan dan termasuk keluarga Classic Yamaha.

Rupanya ada beberapa syarat agar fitur hybrid dari skutik bergaya retro ini bisa berfungsi optimal.

Manager Technical and Education PT YIMM, Aji Handoko mengatakan, fungsi hybrid di Yamaha Fazzio Hybrid – Connected hanya sebagai pendukung kerja mesin. Sistem hybrid akan bekerja saat gas diputar pada tiga detik pertama dalam kondisi diam atau belum mencapai 5.500 rpm.

Yamaha Fazzio menggunakan teknologi hybrid yang diklaim membuat motor lebih bertenaga sekaligus ramah lingkungan. [Antara]
Yamaha Fazzio menggunakan teknologi hybrid  [Antara]

“Ada beberapa kondisi, pertama temperatur yang harus tercapai. Yang kedua, kalau motor posisi start dari nol, kemudian gas dibuka perlahan, pasti dia bekerja,” terang Aji Handoko di Bogor, baru-baru ini.

Baca Juga: New Toyota Corolla Altis Meluncur, Tersedia dalam Dua Varian Mesin

Sedangkan pada saat jalan, sambung Aji Handoko, skutik matik itu sebetulnya bisa menerima tambahan daya selama rpm-nya belum mencapai 5.500 rpm.

“Harus diawali dari nol, jadi saat sudah jalan kencang lalu dibawa perlahan tapi tidak sampai berhenti. Kemudian dibuka lagi gasnya. Tenaga hybrid pasti muncul,” tandasnya.

“Jadi hybrid itu masih mendorong, selama rpm-nya belum 5.500,” ungkap Aji Handoko.

Sebagai informasi, Yamaha Fazzio Hybrid – Connected menggunakan teknologi Blue Core generasi terbaru. Mesin sepeda motor memiliki dua sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga dari mesin serta tenaga dari Electric Power Assist Start.

Dengan begitu, akselerasi motor ini menjadi lebih bertenaga, sekaligus lebih halus ketika sang pengendara harus berboncengan, membawa beban berat dan juga menghadapi tanjakan yang terjal.

Baca Juga: Bila Ada Pembeli Motor Yamaha Merasa Dipersulit Beli Cash, Bisa Langsung Lapor

Skutik ini mengandalkan mesin 125cc silinder tunggal yang mampu menghasilkan tenaga 6,2 kW atau setara dengan 8,3 dk pada putaran mesin 6.500 rpm. Sementara untuk torsinya sebesar 10,6 Nm di 4.500 rpm.

Saat ini, Yamaha Fazzio Hybrid-Connected hadir dalam dua tipe yakni Fazzio Lux dan juga Fazzio Neo yang mengedepankan kesan yang sporty dan elegan.

Harga Fazzio Neo Rp 21,7 juta sedangkan Fazzio Lux seharga Rp 22 juta, keduanya berstatus on the road Jakarta dan sudah tersedia di dealer Yamaha mulai Januari 2022.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.