Cara Mencari Teman di Telegram

Telegram adalah aplikasi chat populer sebagai saingan WhatsApp. Dengan aplikasi ini pengguna tak hanya bisa saling berkirim pesan namun juga mencari teman baru sebanyak-banyaknya. Cara mencari teman di Telegram ada dua opsi yang dapat dipilih yaitu dengan fitur Search atau bergabung ke grup.

Fitur Search

Cara mencari teman di Telegram dengan opsi ini adalah sesuai username yang digunakan pengguna. Username adalah nama unik yang cuma dipakai satu pengguna dalam aplikasi Telegram. Hasil pencarian yang dilakukan biasanya akan menampilkan sejumlah nama yang terkait dengan keyword yang diinput umpamanya nama teman, nama grup, isi chat, maupun kata yang hampir sama dengan yang dicari. Pengguna dapat mencoba mengetikkan username asal yang terdiri dari nama depan dan nama belakang tanpa dipisah spasi. Biasanya akan langsung ditampilkan hasil pencarian satu atau dua username.

Untuk diperhatikan jika penggunaan username dalam Telegram itu tak mengenal spasi dan juga huruf besar atau kecil. Bila pengguna melakukan pencarian username nama depan dan belakang dengan dipisahkan spasi maka biasanya hasilnya kosong. Kemudian meskipun pengguna mengetikkan username menggunakan huruf besar atau huruf kecil maka hasilnya akan tetap menampilkan semua username baik yang diawali huruf besar, huruf kecil, huruf besar semua atau huruf kecil semua. Cara yang satu ini dapat diistilahkan mencari teman secara acak.

Bergabung Ke Grup

Apabila membandingkannya dengan cara sebelumnya, cara mendapatkan teman di Telegram yang satu ini lebih baik. Sebab pengguna dapat mengecek saat itu juga nama profil dan juga fotonya. Tetapi sebelumnya pengguna mesti mencari nama grup. Sesudah mendapatkan grup dari hasil pencarian, pengguna tidak perlu bergabung dalam grup itu. Pengguna dapat mengecek anggota grup itu. Dengan data tersebut dapat dipilih mana saja yang hendak diajak menjadi teman baru. Tentu saja agak lebih ribet dari metode pertama namun efeknya akan lebih mengena sebab lebih beragam pilihannya. Cara mencari teman di Telegram dari fitur grup adalah sebagai berikut :

  • Coba menemukan grup Telegram dengan mengetik grupname lalu diikuti kata kunci misalnya ” groupname SMPN1 Bojong.
  • Apabila ditampilkan banyak nama grup di hasil pencarian, ketuk pada salah satunya yang mendekati yang dicari.
  • Ketuk nama grup tadi sehingga akan menampilkan informasi atau deskripsi mengenai grup itu.
  • Gulir layar menuju bawah sehingga dapat mengetahui satu persatu anggota grup.
  • Ketuk pada salah satu anggota grup yang hendak dipilih sebagai teman baru di Telegram.
  • Sampai langkah ini pengguna dapat mulai mengirimkan pesan perkenalan.

Di aplikasi Telegram ini pengguna tak usah menambah teman atau kontak. Dengan mengirimkan chat ke salah satu akun, otomatis pesan dan akun itu tersimpan dalam server Telegram. Meskipun pengguna mengganti ponselnya, tentu tak usah panik, sebab Telegram mengadopsi sistem Cloud-based yang mana seluruh data tersimpan dalam server secara otomatis. Saat pengguna membuka lagi akun Telegram yang dimiliki, otomatis seluruh data yang dimiliki masih ada dalam server itu.

Bilamana lebih senang berkomunikasi secara beramai-ramai atau bersama-sama maka pengguna sebaiknya segera join dalam grup Telegram ketimbang cuma mencari satu dua teman baru saja. Bila masuk dalam grup maka dapat menjalin pertemanan dengan seluruh anggota yang ada sekaligus berinteraksi secara terbuka.

Cara mencari teman di Telegram tentu tak berhenti di situ. Para pengguna dapat mencari teman baru berdasarkan hobi atau kesenangan atau yang lain. Dari aktifitas ini, selain menambah teman-teman baru juga bisa saling berbagi ilmu yang bermanfaat.

User Review

( votes)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.