Awkwafina Tutup Akun Twitter karena Kontroversi ‘Blaccent’

Jakarta: Aktris Amerika Serikat, Awkwafina menonaktifkan akun Twitter-nya usai mendapatkan kritik dari netizen tentang penggunaan blaccent dan AAVE (African-American Vernacular English).
 
Blaccent berasal dari penggabungan kata black dan accent yang berarti ketika seseorang dengan ras kulit non-hitam menggunakan aksen kulit hitam, terutama yang berhubungan dengan AAVE. Awkwafina dituduh menggunakan blaccent pada film-filmnya seperti Ocean’s 8 dan Crazy Rich Asians.
 
Bintang Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings ini memberikan klarifikasinya melalui Twitter sebelum mengumumkan dirinya keluar dari sosial media tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sebagai POC (person of color) kulit non-hitam, saya akan selalu mendengarkan dan bekerja terus menerus untuk memahami sejarah dan konteks AAVE, apa yang sekiranya pantas atau justru mundur dari kemajuan dari setiap dan semua kelompok yang terpinggirkan, tetapi saya harus menegaskan bahwa mengejek, memperkecilkan dan berbuat kasar kepada orang lain bukanlah sifat saya, itu tidak pernah dan tidak pernah ada,” terang aktris dengan nama asli Nora Lum tersebut.
 
Awkwafina melanjutkan pernyataan tertulis dengan menjelaskan penggunaan aksennya.
 
“Latar belakang sebagai imigran membuat saya dapat mengukir identitas Amerika dari film dan serial tv yang saya tonton, anak-anak yang bersekolah bersama saya dan cinta yang tak pernah mati dan respek terhadap lagu hip-hop, saya pikir sebagai kelompok, kaum Asia-Amerika masih mencari tahu makna dari perjalanan hidup mereka, mana yang benar dan dimana bukan hak mereka,” katanya.
 
Awkwafina juga menutup pernyataan dengan harapan untuk selalu menunjang komunitas-komunitasnya dengan cara belajar dari kesalahan.
 
“Walaupun saya sedang belajar dan mengerjakan pekerjaan personal, saya tahu bahwa saya ingin menghabiskan karir saya menunjang komunitas kami, kita mulai ini dari gagal, belajar, mengetahui, mendengar kemudian berempati dan saya sakan terus tanpa henti melakukannya,” tutupnya. (Yahya Nadim Oday)
 

 
 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.