Modifikasi Sederhana yang Populer untuk Dongkrak Performa Mesin, Yuk Kenali Apa Itu Porting Polish

Suara.com – Salah satu jenis modifikasi motor yang cukup digemari dan populer adalah porting polish. Tren ini populer sebab modifikasi yang dilakukan tidak terlalu banyak dan repot, sehingga cenderung dapat dikatakan praktis untuk Anda yang ingin mendapatkan performa lebih baik dari motor. Tapi apa itu porting polish?

Di artikel singkat ini Anda bisa melihat apa itu porting polish dan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Berikut selengkapnya.

Apa Itu Porting Polish?

Porting polish merupakan cara sederhana yang dilakukan pada bagian mesin motor, dengan tujuan menghaluskan jalur masuk dan keluar bahan bakar ke mesin motor. Jadi nantinya bahan bakar yang masuk serta udara yang diperlukan untuk pembakaran bisa memiliki sirkulasi lebih lancar, sehingga pembakaran berjalan optimal dan menghasilkan daya dorong yang lebih baik.

Baca Juga: Biar Makin Paham, Ini Perbedaan Stroke Up dan Bore Up

Tapi apakah artinya ketika mesin motor diproduksi, jalan keluar-masuk BBM ini kasar?

Sebenarnya tidak kemudian berarti kasar. Namun bagian ini masih bisa ditingkatkan lagi dengan menghaluskannya. Modifikasi porting polish ini juga sebenarnya masuk pada modifikasi sederhana yang bisa dilakukan dengan cukup mudah dan cepat.

Nantinya blok mesin akan dibuka, kemudian jalur bahan bakar di haluskan (klep in dan klep out-nya). Meski begitu, prosesnya harus presisi dan tidak boleh terlalu halus karena justru bisa membuat mesin tidak optimal fungsinya.

Metode Porting Polish

Setidaknya ada dua metode yang bisa digunakan dalam proses menghaluskan jalur BBM ini. Pertama menggunakan mesin CNC, dan yang kedua dengan mata bor manual.

Baca Juga: Cara Bersihkan Tabung Mesin Cuci Agar Awet

Penggunaan mesin CNC dapat memberikan hasil lebih presisi karena ukurannya jelas dan terkontrol. Namun jika ingin maksimal, Anda bisa menggunakan cara manual, asalkan mekanik yang melaksanakan tugas ini benar-benar berpengalaman.

Ilustrasi mesin motor. (Pexels/Kevin Bidwell)
Ilustrasi mesin motor. (Pexels/Kevin Bidwell)

Apa Keuntungannya?

Setelah melakukan porting polish ini, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan. Misalnya seperti mesin lebih responsif, kemudian harga modifikasi relatif murah, serta tenaga yang dihasilkan lebih besar.

Namun ada konsekuensi yang harus ditanggung. Setidaknya Anda harus selalu menggunakan bahan bakar dengan oktan lebih tinggi. Kemudian proses ini juga mungkin saja bisa menghilangkan garansi kendaraan, dan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

Itu tadi sedikit pengertian apa itu porting polish yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat, dan selamat beraktivitas kembali!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.