Xi: China siap percepat perundingan FTA dengan GCC

Beijing (ANTARA) – Presiden Xi Jinping pada Sabtu (5/2) mengatakan China siap bekerja sama dengan negara-negara anggota Dewan Kerja Sama Teluk (Gulf Cooperation Council/GCC) untuk mempercepat perundingan perjanjian perdagangan bebas (free trade agreement/FTA).

Menurut Xi, FTA akan menyuntikkan vitalitas baru bagi kedua belah pihak serta ekonomi dunia.

Pernyataan itu disampaikan Xi di Beijing saat bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan dari Uni Emirat Arab (UAE), yang datang ke China untuk menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

China bersedia bekerja sama dengan UAE untuk membangun kemitraan strategis komprehensif mereka di era baru, lanjut Xi.

China juga siap mempererat kerja sama dengan UAE guna memerangi COVID-19, kata Xi.

Dia menambahkan bahwa China akan berpartisipasi aktif dalam berbagai proyek pembangunan utama UAE serta memperluas kerja sama mereka di berbagai bidang termasuk energi baru dan terbarukan, luar angkasa, serta penerbangan.

Sementara itu Sheikh Mohammed mengatakan bahwa penguatan hubungan dengan China menjadi prioritas utama dalam kebijakan luar negeri UAE.

Dia mengungkapkan bahwa UAE akan tetap berkomitmen untuk mengonsolidasikan dan memperdalam kemitraan strategis komprehensif dengan China.

UAE akan membantu mempromosikan Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra agar membuahkan lebih banyak hasil positif di Timur Tengah, tambahnya.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.