Pengda IoF Sumbar siap berkolaborasi untuk kemanusiaan dan pariwisata

Painan (ANTARA) – Pengurus Daerah Indonesia Off-Road Federation (IoF) Sumatera Barat siap berkolaborasi dengan semua pihak untuk kegiatan kemanusiaan dan memajukan pariwisata daerah.

“Sejak awal IoF sudah aktif dalam kegiatan kemanusiaan, terutama membantu menyalurkan logistik ke daerah bencana yang tidak terjangkau armada biasa karena beratnya medan. Ke depan kami siap untuk terus berkolaborasi dalam bidang kemanusiaan,” kata Ketua Pengda IoF Sumbar Verry Mulyadi di Pesisir Selatan, Minggu.

Ia mengatakan hal itu juga selaras dengan perintah Ketua Umum IoF bahwa organisasi itu harus berperan dalam bidang kemanusiaan, disamping ikut mendukung memajukan pariwisata daerah.

Verry mengatakan karakteristik kendaraan off road yang memang dirancang untuk menaklukkan medan ekstrem sangat tepat sebagai pelopor dalam menembus daerah bencana. Apalagi, Sumbar dikenal sebagai etalase bencana yang memiliki sangat banyak potensi bencana, mulai dari tsunami, banjir, longsor hingga letusan gunung api.

“Semua anggota kami siap untuk terjun dalam misi kemanusiaan,” ujar Verry.

Saat ini sebanyak 300 anggota telah terdaftar dan memiliki kartu tanda anggota (KTA) Pengda IoF Sumbar, namun jumlah itu diyakini akan meningkat signifikan karena banyak yang belum memiliki KTA.

“Kami fasilitasi anggota yang ingin membuat KTA. Ini sebagai langkah untuk mempercepat berdirinya Pengcab IoF pada 19 kabupaten dan kota di Sumbar karena saat ini baru ada tiga Pengcap IoF, yaitu Padang, Bukittinggi dan Tanah Datar,” ujarnya.

Ia menargetkan dalam tahun ini, setidaknya sudah berdiri 10 pengcap IoF di Sumbar atau 50 persen dari jumlah kabupaten dan kota dan dalam jangka panjang pengcab akan berdiri di seluruh kabupaten dan kota.

Verry mengatakan IoF saat ini juga tergabung dalam Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), sehingga dapat juga berperan penting dalam memajukan pariwisata di daerah, terutama dalam hal mengorbitkan objek wisata yang belum dikenal.

“Kami juga akan menggelar kegiatan yang mendukung pariwisata, salah satunya ekshibisi yang direncanakan pada Februari 2022 di Padang Pariaman,” katanya.

Verry baru saja terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Pengda IoF Sumbar periode 2022-2026 dalam Musyawarah Daerah (Musda) VI yang digelar di Batu Kucing Camp, Sungai Pinang, Kecamatan XI Koto Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (4/2).

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Heri Noviardi, mewakili Gubernur Sumbar Mahyeldi, dalam musda tersebut berharap IoF Sumbar bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah dalam banyak hal, terutama kemanusiaan dan pariwisata.

“Sumbar tengah giat membangun sektor pariwisata. Kami berharap IoF bisa bersama-sama mendukung hal ini,” sebutnya.

Sementara Sekjen Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Sumbar S Yanuar mengatakan dengan telah terbentuknya kepengurusan IoF yang baru, diharapkan bisa berpartisipasi dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI di Palembang, Sumatera Selatan, yang direncanakan Juni 2022.

“Percepat lengkapi syarat administrasinya karena sekarang kepengurusan baru telah terbentuk,” ujarnya.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.