Nissan Bayar Pegawai Khusus untuk Cium Bau Mobil Baru

Suara.com – Merakit mobil merupakan pekerjaan yang sangat kompleks yang melibatkan teknologi canggih dan pengetahuan mesin yang kompleks. Tetapi siapa sangka, saat membuat mobil baru diperlukan juga seorang ahli untuk cium bau mobil baru yang pas atau sesuai standar pabrikan.

Ahli penciuman ini disebut smellmaster dan salah satu pabrikan yang menggunakan jasa pegawai seperti ini adalah Nissan, raksasa otomotif Jepang. Salah satu smellmaster kawakan Nissan adalah Ryunosuke Ino.

Ino dijuluki sebagai Hidungnya Nissan di fasilitas Nissan Technical Center, di Jepang. Tugasnya adalah untuk mengecek setiap aroma dalam kabin mobil baru Nissan.

Ryunosuke Ino salah satu smellmaster andalan Nissan. Tugasnya adalah untuk cium bau mobil baru Nissan. [Youtube/Nissan Global News Room]
Ryunosuke Ino salah satu smellmaster andalan Nissan. Tugasnya adalah untuk cium bau mobil baru Nissan. [Youtube/Nissan Global News Room]

“Untuk memberikan pengalaman menyenangkan kepada konsumen, kami mengevaluasi berbagai macam aroma di berbagai model mobil Nissan,” kata Ino dalam video yang diunggah di website resmi Nissan awal Februari 2022.

Baca Juga: Tahun 2021, Nissan Pertahankan Penjualan 4 Juta Unit Mobil

“Bau merupakan faktor penting dalam menghabiskan waktu dengan nyaman di dalam mobil, dan Nissan sangat memperhatikannya. Biasanya, pelanggan merasakan bau yang paling dekat dengan tempat mereka duduk,” kata Ino, dikutip dari Carscoops pekan ini.

Ino mengatakan banyak orang tak tahu ada profesi seperti yang digelutinya.

“Mereka terkejut dengan perhatian Nissan pada hal-hal kecil,” terang dia dalam video tersebut.

Dalam melakukan tugasnya, Ino biasa mencium bagian lingkar kemudi, dasbor, pelapis kursi, sandaran kepala, pegangan pintu, dan bahkan karpet mobil.

Evaluasi berlangsung di laboratorium tertutup dengan peralatan pencahayaan khusus yang mengontrol suhu dan kelembaban karena bau mobil sangat dipengaruhi oleh sinar matahari dan kondisi cuaca.

Baca Juga: Mitsubishi Siapkan Outlander Sport Baru, Berbagi Platform dengan Nissan Juke

Tujuannya agar semua bahan, perekat, dan cat memenuhi standar Nissan dan membuat pelanggan merasa nyaman di dalam mobil setiap saat.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.