Krisis Kasus Pelanggaran HAM dan Kebebasan Pers di Amerika Latin

KRISIS terhadap demokrasi terus terjadi di Amerika Latin sampai saat ini. Krisis ini terjadi pada aktivis pembela HAM dan Jurnalis yang bekerja di wilayah Amerika Latin. Perjuangan para aktivis dan jurnalis dalam menyuarakan demokrasi harus dibalas dengan ancaman bahkan pembunuhan di negara-negara Amerika Latin.

Menurut data Amnesty International pada awal 2022 saja sudah terdapat 20 aktivis HAM dan 4 jurnalis yang terbunuh. Mayoritas pembunuhan ini terjadi pada kasus-kasus yang melibatkan pemerintahan, sengketa lahan, serta organisasi kriminal besar di Amerika Latin. Pembunuhan yang terus terjadi ini memperlihatkan tidak adanya keseriusan pemerintah dalam mengatasi kasus-kasus pelanggaran HAM.

Pada salah satu negara di Amerika Latin yaitu Meksiko, di awal tahun ini sudah terdapat 4 jurnalis yang dibunuh. Sedangkan selama periode 2000-2021 terdapat 145 jurnalis yang terus terenggut nyawanya di Meksiko. Hal ini menunjukkan situasi yang sangat mengerikan harus dilalui oleh pekerja yang bersinggungan langsung dengan kebebasan berbicara dan HAM di negara-negara Amerika Latin. Dokumentasi: Fokus Media Indonesia (IMR)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.