Jadi Salah Satu Istilah Populer di Kalangan Anak Komunitas Motor, Apa Makna Kopdar? Simak di Sini

Suara.com – Untuk Anda yang turut dalam komunitas tertentu, pasti tak asing dengan istilah kopdar yang sering digunakan. Tapi sebenarnya apa itu kopdar? Apa kaitannya dengan kegiatan komunitas yang ada di Indonesia?

Untuk memahami apa itu kopdar, mari kita simak lanjutan dari artikel singkat kali ini.

Apa Itu Kopdar? 

Jajaran klub motor saat beraat di depan masjid [istimewa]
Jajaran klub motor saat beraat di depan masjid [istimewa]

Kopdar sebenarnya adalah sebuah singkatan. Kata asli yang digunakan adalah kopi darat, yang jika dirunut sejarahnya bisa sejauh era radio pager digunakan beberapa puluh tahun lalu. Kopi darat merupakan istilah yang dipakai untuk bertemu secara langsung tanpa menggunakan media.

Baca Juga: Komunitas Mercy dan Ayla Tak Keberatan Harga Pertamax Naik

Istilah ini kemudian diadaptasi dalam berbagai konteks, dan memiliki banyak makna. Namun intinya, kopdar adalah istilah yang digunakan untuk mengajak bertemu secara langsung, untuk bertatap muka dan bersosialisasi.

Istilah kopdar sering digunakan komunitas untuk melakukan pertemuan. Baik pertemuan rutin atau pertemuan insidental terkait suatu hal. Biasanya hal ini terencana sehingga semua hal yang terkait bisa dikoordinasikan dengan baik.

Mulai dari lokasi kopdar, siapa saja yang akan datang kopdar, hingga kegiatan dan agenda dari kopdar itu sendiri, semua sudah direncanakan dengan matang sebelum melakukan kopdar.

Ajang Silaturahmi dan Berbagi Informasi

Kopdar sendiri biasanya diagendakan secara rutin, sebagai ajang silaturahmi dari anggota komunitas. Tak sedikit komunitas yang mengadakan kopdar secara rutin, seperti komunitas motor, komunitas mobil, komunitas pecinta anjing, komunitas anime, komunitas hobi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Apakah Kehadiran All New Honda Vario 160 Ganggu All New Aerox Connected? Ini Kata Yamaha

Ketika bertemu dan beriteraksi, banyak sekali hal yang diperbincangkan. Informasi terbaru akan jadi topik utama, terkait bidang yang diminati dari komunitas tersebut. Pertukaran informasi ini tak jarang membawa anggota komunitas ke agenda berikutnya yang lebih besar.

Selain itu, kopdar juga bisa jadi ajang mempererat tali persaudaraan dari anggota komunitas. Dengan bertemu dan bertatap muka serta berbincang, ikatan persaudaraan akan terbangun sehingga komunitas menjadi lebih solid dan kompak ketika melakukan sesuatu.

Itu tadi, sedikit pemahaman apa itu kopdar yang biasa digunakan di dalam komunitas. Tentu aplikasinya pada dunia nyata bisa saja berbeda dan mengalami pergeseran. Namun pada intinya, kopdar adalah seperti yang dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat, dan selamat menikmati aktivitas Anda selanjutnya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.